Latest News
Sunday, August 7, 2016

Struktur Internal Bumi


Gambar 1. Earth structure

TEORI BIG BANG


Gambar 2. Bing Bang theory to the Earth structure (NASA/WMAP, ESO/M. Kornmesser, NASA.GOV, M.J. Krech)


LAPISAN BUMI

Kerak (Crust)

Kerak adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis. Kerak relatif dingin, batuannya keras. Kerak samudera berbeda dengan kerak benua. Kerak samudera tebalnya 5 – 10 Km, tersusun atas batuan yang gelap disebut basal. Ketebalan rata-rata dari kerak benua adalah 20 – 40 Km. Di bawah rangkaian pegunungan tebalnya bisa mencapai 70 Km. Benua tersusun terutama oleh batuan yang terang disebut granit.

Mantel (Mantle)

Mantel berada di bawah kerak. Tebalnya hampir 2900 Km dan mencakup 80% dari volume Bumi. Meskipun komposisi kimia di seluruh mantel hampir sama, tekanan dan temperatur Bumi bertambah menurut kedalaman. Perubahan ini menyebabkan batuan mantel bervariasi menurut kedalaman.

Mantel bagian atas relatif dingin dan keras. Sifat mekanisnya sama dengan kerak. Kerak dan mantel bagian atas membentuk litosfer. Ketebalan litosfer dapat 10 Km saat lempeng tektonik berpisah, akan tetapi pada sebagian besar wilayah ketebalan litosfer bervariasi mulai dari 75 Km di bawah cekungan samudera sampai sekitar 125 Km di bawah benua.

Pada kedalaman sekitar 75 – 125 Km batuan keras pada litosfer menjadi lembek, astenosfer plastis. Perubahan karakteristik batuan ini meningkat dalam jarak vertikal hanya beberapa kilometer, dan hasil dari peningkatan temperatur berdasarkan kedalaman. 1 – 2 persen astenosfer bersifat liquid dan secara mekanik lembek dan plastis. Karena plastis, astenosfer mengalir lambat, mungkin beberapa centimeter per tahun. Luas astenosfer yaitu dari dasar litosfer sampai sekitar 350 Km. Pada dasar astenosfer, pertambahan tekanan menyebabkan mantel mengeras dan ini menandakan sudah mendekati inti.

Inti (Core)

Inti adalah lapisan Bumi paling dalam. Inti adalah bola dengan jari-jari 3470 Km dan tersusun sebagian besar oleh besi dan nikel. Inti luar cair karena temperatur yang tinggi pada bagian ini. Dekat dengan pusat, temperatur inti sekitar 6000 0C sepanas permukaan Matahari. Tekanan lebih besar dari 1 juta kali dari atmosfer bumi pada permukaan laut. Tekanan ekstrim melingkupi temperatur menekan inti dalam menjadi padat.

LET'S RELAX




Video 1. Crust, Mantle, and Core (ParrMr)

SOME IMPORTANT WORDS

Gambar 3. Define, explain, or describe.

REFERENCES

Thompson and Turk. 1997. Introduction to Physical Geology. Thomson Cole, Salt Lake. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

28 komentar:

  1. Sutriyono
    471 416 012
    Teknik Geologi

    1. Crust adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kerak benua dan kerak samudra.
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.
    3. Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Manteladalah lapisan yang berada di antara kerak dan intiluar.
    5. Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  2. crust adalah bagian yang paling terluar dari bumi.
    Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    Mantel adalah wilayah bagian dalam bumi yang terletak antara kerak bumi dan inti bumi
    Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  3. 1. Crust adalah bagian terluar dari bumi yang memiliki ketebalan 8 hingga 80 kilimeter.
    2. Batuan Basalt adalah batuan beku ekstrusif yang berwarna gelap, berbutir kristal halus, berkomposisi plagioklas-Ca, piroksin dan magnetit, dengan atau tanpa olivin dan mengandung SiO2 kurang dari 53 %berat.
    3. Granit adalah batuan terobosan yang terjadi melalui proses pembekuan magma di permukaan bumi dengan temperatur yang stabil.
    4. Mantel adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km.

    ReplyDelete
  4. 1.Crust adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis dan relative dingin. Kerak terdiri dari kerak samudera dan kerak benua, kerak samudera tebalnya 5 – 10 km tersusun atas batuan yang gelap disebut basal. Dan ketebalan rata-rata kerak benua 20 – 40 km yang tersusun atas batuan terang yang disebut granit.
    2. Basalt adalah salah satu batuan beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Basalt juga dapat terbentuk dari pembekuan lelehan lava yang mengandung gas, namun gasnya telah menguap. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwarana gelap.
    3. Granite adalah adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4. Mantle adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi. Tebalnya 2.900 km dan mencakup 80 % dari volume bumi.
    5. Core adalah lapisan bumi paling dalam dengan jari- jari 3.470 km dan tersusun dari besi (90%), nikel (8%), Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200 oC, dan inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km, Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 oC.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. 1.Crust adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km.
    2.Batu basalt adalah salah satu batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3.Granit adalah batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4.Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan.
    5.Inti Bumi adalah Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km.

    ReplyDelete
  7. Nama:infithar hi. Rusdi
    1. Crust adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.
    2. Batu basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Granit adalah batuan beku dalam (batuan plutonik) yang berwarna terang dengan butiran yang terlihat cukup besar. Butiran-butiran tersebut terbentuk dari kristalisasi magma yang lambat di bawah permukaan bumi.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan.
    5. Inti Bumi adalah Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km.

    ReplyDelete
  8. Abdul Thayib Banto
    471416010
    Teknik Geologi

    # Crust atau kerak adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kerak benua dan kerak samudra.
    # Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.
    # Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.
    # Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Manteladalah lapisan yang berada di antara kerak dan intiluar.
    # Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  9. 1. Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak Bumi dan sebagian mantel Bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km.
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Basalt juga dapat terbentuk dari pembekuan lelehan lava yang mengandung gas, namun gasnya telah menguap. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwrana gelap. Batu ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi. Karena terbentuk di dalam bumi, maka batu grait merupakan Batu Intrusif (Plutonik). Kata Granit berasal dari bahasa latin yaitu Granum yang artinya butir padi. Batu Granit umumnya Berwarna Putih, abu-abu, atau campuran keduanya, terkadang juga berwarna merah muda atau jingga. Batuan ini kasar, keras, dan kuat, sering terdapat di pinggir pantai, pinggir sungai, atau di dasar sungai.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel Bumi merupakan lapisan berbatu dengan kedalaman sekitar 2,900 km (1,800 mi)[1] yang meliputi 84% volume Bumi.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km, menurut studi seismologi.[1][2] Panjang jari-jari inti dalam Bumi ini sekitar 70% dari jari-jari bulan. Diyakini bahwa inti dalam Bumi terdiri dari campuran besi - nikel, dan suhu pada inti dalam Bumi diperkirakan sama dengan suhu permukaan Matahari, sekitar 5.700 Kelvin (5.430 ° C)

    ReplyDelete
  10. 1. Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Granit adalah batuan beku dalam (batuan plutonik) yang berwarna terang dengan butiran yang terlihat cukup besar. Butiran-butiran tersebut terbentuk dari kristalisasi magma yang lambat di bawah permukaan bumi.
    4. Mantle adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi. Tebalnya 2.900 km dan mencakup 80 % dari volume bumi.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. 1. Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak Bumi dan sebagian mantel Bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km. Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya. Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak Bumi adalah: Oksigen (O) (46,6%), Silikon (Si) (27,7%), Aluminium (Al) (8,1%), Besi (Fe) (5,0%), Kalsium (Ca) (3,6%), Natrium (Na) (2,8%), Kalium (K) (2,6%), Magnesium (Mg) (2,1%).
    2.Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam Batu Basalt batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwrana gelap.
    3. Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi. Karena terbentuk di dalam bumi, maka batu grait merupakan Batu Intrusif (Plutonik). Kata Granit berasal dari bahasa latin yaitu Granum yang artinya butir padi. Batuan ini kasar, keras, dan kuat, sering terdapat di pinggir pantai, pinggir sungai, atau di dasar sungai.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel Bumi merupakan lapisan berbatu dengan kedalaman sekitar 2,900 km (1,800 mi) yang meliputi 84% volume Bumi.
    5. Inti bumi adalah lapisan bumi yang terletak paling dalam dibawah lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan pusat bumi. Lapisan inti bumi ini memiliki suhu panas antara 3.000 sampai 5000 derajat Celcius. Inti bumi terdiri dari 2 bagian yaitu Inti Bumi Luar (Outer Core) dan Inti Bumi Dalam (Inner Core) yang memiliki diameter 6.800 km.

    ReplyDelete
  13. NAMA : AFDAL G Z SUGEHA
    1. Crust adalah bagian paling atas dari lithosphere dan membentuk lempeng benua dan lempeng samudera. Fluida seperti air, minyak dan gas berada pada lempeng-lempeng ini. Ketebalan crust bervariasi mulai dari 5 km sampai 60 km.
    2. Batu basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan.
    5. Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  14. Crust adalah shell padat terluar dari planet berbatu atau satelit alami, yang secara kimia berbeda dari mantel yang mendasari. Remah Bumi, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Io, dan badan-badan planet lainnya telah dihasilkan sebagian besar oleh proses beku, dan remah ini lebih kaya dalam unsur-unsur yang tidak kompatibel dari mantel masing-masing.
    Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Basalt juga dapat terbentuk dari pembekuan lelehan lava yang mengandung gas, namun gasnya telah menguap. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwrana gelap. Batu ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.
    Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi
    Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Persingkatnya Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar
    Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200 oC. inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 oC.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. 1) Kerak adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis. Kerak relatif dingin, batuannya keras. Kerak tersusun atas kalsium, sodium, dan silikat. Massa kerak sekita 0.473% dari massa bumi. Kerak dibagi menjadi dua yaitu kerak samudera dan kerak benua.
    2) Basalt adalah batuan beku yang ekstrusif, terbentuk dari solidifikasi magma yang terjadi di permukaan bumi.
    3) Granite adalah batuan beku yang terbentuk dari magma cair yang didinginkan secara perlahan dalam periode waktu tertentu.
    4) Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel memiliki komposisi kaya akan magnesium. Tebalnya hampir 2900 Km dan massanya mencakup 67.3% dari massa bumi. Meskipun komposisi kimia di seluruh mantel hampir sama, tekanan dan temperatur Bumi bertambah menurut kedalaman. Perubahan ini menyebabkan batuan mantel bervariasi menurut kedalaman. Mantel bumi terbagi menjadi dua yaitu mantel atas yang bersifat plastis sampai semiplastis memiliki kedalaman sampai 400 km. Mantel bawah bersifat padat dan memiliki kedalaman sampai 2900 km. Mantel atas bagian atas yang mengalasi kerak bersifat padat dan bersama dengan kerak membentuk satu kesatuan yang dinamakan litosfer. Mantel atas bagian bawah yang bersifat plastis atau semiplastis disebut sebagi asthenosfer. Suhu pada mantel kurang lebih sebesar 1000o C.
    5) Inti adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km, menurut studi seismologi. Dari data geofisika material inti bumi memiliki berat jenis yang sama dengan berat jenis meteroit logam yang terdiri dari besi dan nikel. Atas dasar ini para ahli percaya bahwa inti bumi tersusun dari senyawa besi dan nikel. Inti dibagi menjadi 2 yaitu inti dalam dan inti luar. Inti luar dan inti dalam dibatasi oleh Lehman Discontinuity. Inti luar berupa zat cair yang terdiri dari besi, 10% belerang, dan oksigen. Massa inti luar mencapai 30.8% dari massa bumi. Inti luar memiliki suhu sekitar 3700o C dan terletak pada kedalaman 2890-5150 km (1806-3219 mil).

    ReplyDelete
  17. 1.Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.
    2.Basalt adalah salah satu batuan beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Basalt juga dapat terbentuk dari pembekuan lelehan lava yang mengandung gas, namun gasnya telah menguap. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwarana gelap.
    3.Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.
    4.Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel Bumi merupakan lapisan berbatu dengan kedalaman sekitar 2,900 km (1,800 mi)[1] yang meliputi 84% volume Bumi.
    5.Inti bumi adalah lapisan bumi yang terletak paling dalam dibawah lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan pusat bumi. Lapisan inti bumi ini memiliki suhu panas antara 3.000 sampai 5000 derajat Celcius. Inti bumi terdiri dari 2 bagian yaitu Inti Bumi Luar (Outer Core) dan Inti Bumi Dalam (Inner Core) yang memiliki diameter 6.800 km.

    ReplyDelete
  18. 1. Kerak Bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak Bumi dan sebagian mantel Bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km. Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya.
    2.Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam Batu Basalt batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwrana gelap.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi. Karena terbentuk di dalam bumi, maka batu grait merupakan Batu Intrusif (Plutonik). Kata Granit berasal dari bahasa latin yaitu Granum yang artinya butir padi. Batu Granit umumnya Berwarna Putih, abu-abu, atau campuran keduanya, terkadang juga berwarna merah muda atau jingga. Batuan ini kasar, keras, dan kuat, sering terdapat di pinggir pantai, pinggir sungai, atau di dasar sungai.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel Bumi merupakan lapisan berbatu dengan kedalaman sekitar 2,900 km (1,800 mi)[1] yang meliputi 84% volume Bumi.
    5. Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  19. 1) Kerak adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis. Kerak relatif dingin, batuannya keras. Kerak tersusun atas kalsium, sodium, dan silikat. Massa kerak sekita 0.473% dari massa bumi. Kerak dibagi menjadi dua yaitu kerak samudera dan kerak benua.
    2) Basalt adalah batuan beku yang ekstrusif, terbentuk dari solidifikasi magma yang terjadi di permukaan bumi.
    3) Granite adalah batuan beku yang terbentuk dari magma cair yang didinginkan secara perlahan dalam periode waktu tertentu.
    4) Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel memiliki komposisi kaya akan magnesium. Tebalnya hampir 2900 Km dan massanya mencakup 67.3% dari massa bumi. Meskipun komposisi kimia di seluruh mantel hampir sama, tekanan dan temperatur Bumi bertambah menurut kedalaman. Perubahan ini menyebabkan batuan mantel bervariasi menurut kedalaman. Mantel bumi terbagi menjadi dua yaitu mantel atas yang bersifat plastis sampai semiplastis memiliki kedalaman sampai 400 km. Mantel bawah bersifat padat dan memiliki kedalaman sampai 2900 km. Mantel atas bagian atas yang mengalasi kerak bersifat padat dan bersama dengan kerak membentuk satu kesatuan yang dinamakan litosfer. Mantel atas bagian bawah yang bersifat plastis atau semiplastis disebut sebagi asthenosfer. Suhu pada mantel kurang lebih sebesar 1000o C.
    5) Inti adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km, menurut studi seismologi. Dari data geofisika material inti bumi memiliki berat jenis yang sama dengan berat jenis meteroit logam yang terdiri dari besi dan nikel. Atas dasar ini para ahli percaya bahwa inti bumi tersusun dari senyawa besi dan nikel. Inti dibagi menjadi 2 yaitu inti dalam dan inti luar. Inti luar dan inti dalam dibatasi oleh Lehman Discontinuity. Inti luar berupa zat cair yang terdiri dari besi, 10% belerang, dan oksigen. Massa inti luar mencapai 30.8% dari massa bumi. Inti luar memiliki suhu sekitar 3700o C dan terletak pada kedalaman 2890-5150 km (1806-3219 mil).

    ReplyDelete
  20. 1. .Crust adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis dan relative dingin. Kerak terdiri dari kerak samudera dan kerak benua.
    2. Batu basalt adalah salah satu batuan beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magmayang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4. mantel bumi adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi. Tebalnya 2.900 km dan mencakup 80 % dari volume bumi.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km, menurut studi seismologi.[1][2] Panjang jari-jari inti dalam Bumi ini sekitar 70% dari jari-jari bulan. Diyakini bahwa inti dalam Bumi terdiri dari campuran besi - nikel, dan suhu pada inti dalam Bumi diperkirakan sama dengan suhu permukaan Matahari, sekitar 5.700 Kelvin (5.430 ° C)

    ReplyDelete
  21. 1.) Crust adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis dan relative dingin. Kerak terdiri dari kerak samudera dan kerak benua, kerak samudera tebalnya 5 – 10 km tersusun atas batuan yang gelap disebut basal. Dan ketebalan rata-rata kerak benua 20 – 40 km yang tersusun atas batuan terang yang disebut granit.
    2.) Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.
    3.) Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.
    4.) Mantel adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi.
    5.) Core adalah lapisan bumi paling dalam dengan jari- jari 3.470 km dan tersusun dari besi (90%), nikel (8%), Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam. Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai 2.200 oC, dan inti dalam merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km, Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai 4.500 oC.

    ReplyDelete
  22. 1. Kerak ( Crust ) adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalambatu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi. Karena terbentuk di dalam bumi, maka batu grait merupakan Batu Intrusif (Plutonik).
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan.Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km

    ReplyDelete
  23. 1. Crust adalah bagian terluar bumi yang memiliki ketebalan 8 hingga 80 km.
    2. Batu basalt adalah batuan beku vulkanik, yang berasal dari hasil pembekuan magma berkomposisi basa di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan vulkanik bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4. Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar.
    5. Inti dalam Bumi adalah bagian paling dalam, yang berbentuk bola padat dengan jari-jari sekitar 1.220 km

    ReplyDelete
  24. 1) Kerak adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis. Kerak relatif dingin, batuannya keras. Kerak tersusun atas kalsium, sodium, dan silikat. Massa kerak sekita 0.473% dari massa bumi. Kerak dibagi menjadi dua yaitu kerak samudera dan kerak benua
    2) Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam Batu Basalt batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat. Batu Basalt umumnya bersifat massive dan keras, ia memiliki kristal – kristal kecil, umumnya berwrana gelap.
    3) Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi. Karena terbentuk di dalam bumi, maka batu grait merupakan Batu Intrusif (Plutonik). Kata Granit berasal dari bahasa latin yaitu Granum yang artinya butir padi. Batu Granit umumnya Berwarna Putih, abu-abu, atau campuran keduanya, terkadang juga berwarna merah muda atau jingga. Batuan ini kasar, keras, dan kuat, sering terdapat di pinggir pantai, pinggir sungai, atau di dasar sungai.
    4) Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel memiliki komposisi kaya akan magnesium. Tebalnya hampir 2900 Km dan massanya mencakup 67.3% dari massa bumi. Meskipun komposisi kimia di seluruh mantel hampir sama, tekanan dan temperatur Bumi bertambah menurut kedalaman. Perubahan ini menyebabkan batuan mantel bervariasi menurut kedalaman. Mantel bumi terbagi menjadi dua yaitu mantel atas yang bersifat plastis sampai semiplastis memiliki kedalaman sampai 400 km. Mantel bawah bersifat padat dan memiliki kedalaman sampai 2900 km. Mantel atas bagian atas yang mengalasi kerak bersifat padat dan bersama dengan kerak membentuk satu kesatuan yang dinamakan litosfer. Mantel atas bagian bawah yang bersifat plastis atau semiplastis disebut sebagi asthenosfer. Suhu pada mantel kurang lebih sebesar 1000o C.
    5) Inti bumi adalah lapisan bumi yang terletak paling dalam dibawah lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan pusat bumi. Lapisan inti bumi ini memiliki suhu panas antara 3.000 sampai 5000 derajat Celcius. Inti bumi terdiri dari 2 bagian yaitu Inti Bumi Luar (Outer Core) dan Inti Bumi Dalam (Inner Core) yang memiliki diameter 6.800 km.

    ReplyDelete
  25. 1. Crust adalah lapisan terluar bumi yang terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kerak benua dan kerak samudra.
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.
    3. Granit adalah jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan.Granit kebanyakan besar, keras dan kuat, dan oleh karena itu banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.
    4. Mantel adalah bagian dari planet kebumian atau benda langit lain yang cukup besar sehingga mampu mengalami diferensiasi berdasarkan kepadatan. Seperti planet kebumian lain, bagian dalam Bumi secara kimiawi terbagi menjadi lapisan-lapisan. Manteladalah lapisan yang berada di antara kerak dan intiluar.
    5. Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam.

    ReplyDelete
  26. 1. Kerak adalah Lapisan Terluar Bumi
    2. Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi.
    3. Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magma yang secara lambat di dalam permukaan bumi.
    4. Mantel adalah wilayah bagian dalam bumi yang terletak antara kerak bumi dan inti bumi
    5. Inti bumi adalah lapisan bumi yang terletak paling dalam dibawah lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan pusat bumi.

    ReplyDelete
  27. 1.Kerak adalah lapisan bumi paling luar dan paling tipis. Kerak relatif dingin, batuannya keras. Kerak tersusun atas kalsium, sodium, dan silikat. Massa kerak sekita 0.473% dari massa bumi. Kerak dibagi menjadi dua yaitu kerak samudera dan kerak benua

    2.Batu Basalt adalah salah satu Batuan Beku bersifat basa yang terbentuk dari proses pembekuan magma di permukaan atau dekat permukaan bumi. Karena terbentuk pada permukaan bumi maka termasuk ke dalam batu ekstrusif (vulkanik). Basalt umumnya terbentuk dari proses pembekuan yang berlangsung cepat.

    3.Batu Granit adalah salah satu jenis batuan beku bersifat asam yang terbentuk dari proses pembekuan magmayang secara lambat di dalam permukaan bumi

    4.Mantel adalah lapisan yang berada di antara kerak dan inti luar. Mantel memiliki komposisi kaya akan magnesium. Tebalnya hampir 2900 Km dan massanya mencakup 67.3% dari massa bumi. Meskipun komposisi kimia di seluruh mantel hampir sama, tekanan dan temperatur Bumi bertambah menurut kedalaman. Perubahan ini menyebabkan batuan mantel bervariasi menurut kedalaman. Mantel bumi terbagi menjadi dua yaitu mantel atas yang bersifat plastis sampai semiplastis memiliki kedalaman sampai 400 km. Mantel bawah bersifat padat dan memiliki kedalaman sampai 2900 km. Mantel atas bagian atas yang mengalasi kerak bersifat padat dan bersama dengan kerak membentuk satu kesatuan yang dinamakan litosfer. Mantel atas bagian bawah yang bersifat plastis atau semiplastis disebut sebagi asthenosfer. Suhu pada mantel kurang lebih sebesar 1000o C

    5.Inti bumi (core) yang terdiri dari material cair, dengan penyusun utama logam besi (90%), nikel (8%), dan lain-lain yang terdapat pada kedalaman 2900 – 5200 km. Lapisan ini dibedakan menjadi lapisan inti luar dan lapisan inti dalam

    ReplyDelete
  28. Your blog is very useful for me.I really like you post.Thanks for sharing.

    หนังออนไลน์

    ReplyDelete

Item Reviewed: Struktur Internal Bumi Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe