Latest News
Wednesday, February 21, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

28 komentar:

  1. Asslam'alaikum wr.wb
    Sy Dinawati Busura dari kelompok 6 ingin bertanya mengapa sering ditemukan bahwa orbit hujan meteor sesuai dengn orbit komet? Dan para ahli pada umumnya menganggap bahwa hujan adalah reruntuhan yang ada. Dan bagamna asal mula terjadinya hujan meteor. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr. wb.
      Jadi disini ada tiga pertanyaan jdi saya akan berusaha menjawab pertannyaan yang ketiga mengenai asal mula terjadinya hujan meteor, Hujan meteor merupakan salah satu fenomena alam yang bisa dikatakan langka dan juga merupakan fenomena alam yang terlihat mempesona. Fenomena hujan meteor ini dapat disebabkan karena beberapa hal.
      1. Adapun hal- hal yang menyebabkan hujan meteor adalah bertemunya lintasan atau orbit komet dengan orbit bumi. Pertemuan ini dapat terjadi karena orbit yang membentuk konsep elips yang kemudian akan memungkinkan adanya pertemuan waktu antara orbit bumi dan komet pada saat berdekatan.
      2. Pada saat yang berdekatan inilah muncul sebuah energi yang dapat menimbulkan gesekan. Selain itu, kondisi yang berdekatan juga akan menyebabkan volume meteor yang masuk ke dalam bumi menjadi meningkat secara mendadak.
      3. Dengan peningkatan yang mendadak inilah meteor akan kehilangan daya untuk dapat mempertahankan tetap berada di orbitnya. Sehingga hal ini akan menjadikan hujan meteor di sebagian wilayah bumi
      Kemudian untuk kronologi terjadinya hujan meteor adalah:
      1. Ada sebuah batuan di luar angkasa uang berpapasan dengan bumi. Batuan ini tidak lain dan tidak bukan adalah puing- puing daripada komet yang telah hancur maupun batuan murni yang berada di luar angkasa.
      2. Gaya gravitasi bumi yang lebih besar menarik batuan tersebut, sehingga batuan tersebut bertemu dengan atmosfer bumi dan bergesekan dengan atmosfer bumi
      3.Gesekan yang terjadi di atmosfer Bumi dengan batuan tersebut menyebabkan timbulnya tekanan pada batuan tersebut dan akan menimbulkan panas.
      4. Karena adanya panas yang ditimbulkan oleh batu tersebut, mengakibatkan timbulnya api ataupun pembakaran di batu tersebut. Dan hal inilah yang akan menimbulkan cahaya yang menyerupai bintang jatuh. Karena adanya meteor yang jatuh dan menyala ini, maka dinamakan hujan meteor. Dinamakan hujan karena biasanya meteor yang berasal dari puing- puing komet yang terbakar, hangus, dan jatuh ini berjumlah lebih dari satu, sehingga dinamakan hujan lebih tepatnya.

      Delete
  2. Assalamu'alikum warohmatullahi wabarokatuh..
    Sya perwakilan dari klompok 4 adapun pertanyaannya yaitu "Melihat bintang di daerah perkotaan tidak secerah melihat bintang di daerah pedesaan. Apa penyebab dari keadaan tersebut ?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr.wb. menurut saya yaitu karena pengaruh cahaya dari daerah itu sendiri.
      kalau dikota besar, ketika malam, sangat banyak sekali cahaya yang menerangi lingkungan, sehingga cahaya bintang itu sendiri jadi tidak tampak terlalu cerah atau tidak terang, sedangkan di pedesaan belum banyak lampu yang menerangi, jadi cahaya bintang lebih tampak cerah atau terang dibanding cahaya bintang yang kita lihat di perkotaan. terima kasih

      Delete
    2. tambahan dari saya yaitu selain faktor banyaknya cahaya lampu dan kenderaan ada faktor laian yaitu di daerah perkotaan banyak terdapat polusi sehingga mengakibatkan awan menjadi tebal sehingga cahaya bintang yang masuk tidak secermelang di daerah desa.

      terima kasih

      Delete
  3. Assalamu'alikum warohmatullahi wabarokatuh..
    Sya perwakilan dari klompok 4 adapun pertanyaannya yaitu "Melihat bintang di daerah perkotaan tidak secerah melihat bintang di daerah pedesaan. Apa penyebab dari keadaan tersebut ?"

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Wr. Wb
    Sy suci surahmi dari kelompok 5 ingin bertanya. Pertanyaan saya yaitu Apa yang menyebabkan sampai terjadinya retrograde motion atau yang dinamakan gerak balik??

    Terimakasih. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam wr. wb
      sebernarnya posisi mars berputar itu sama dengan bumi. gerak retrograde hanyalah gerakan semu, karena pada saat melihat posisi mars dari pengamatan di bumi yang melatarbelakangi bintang-bintang lain sehingga mars seakan-akan berhenti dan berbalik arah namun kembali pada keadaan semula.

      terima kasih

      Delete
    2. dan untuk lebih jelasnya coba buka materi mengenai pengantar kosmografi dan baca serta pahami teori menurut eudox

      kalau saya tidak salah teori ini mampu menjelaskan mengapa pergerakan planet mars seperti berbalik arah

      terima kasih

      Delete
  5. Assalamu'alaikum
    Saya Yunita Bouato dari kelompok 4
    Berdasarkan teori big bang yang menyatakan bahwa alam semesta ini terbentuk karena adanya ledakan besar dan kemudian menyebar kesegalah arah.Yang ingin saya tanyakan kenapa kepingan kepingan hasil ledakan itu atau sering di sebut benda langit kebanyakan berbentuk bulat atau elips bagaimana prosesnya sehingga menjadi bulat atau elips..Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam
      baiklah saya akan menjelaskan melalui tulisan untuk jawaban dari saudari yunita
      pada dasarnya bentuk bintang dan planet tersebut memang bulat.
      Untuk urusan bentuk planet, International Astronomical Union (IAU) menjadikannya bagian definisi planet, yakni memiliki kesetimbangan hidrostatik untuk mempertahankan bentuk bulat. jawaban singkatnya gravitasilah yang mempertanggungjawabkan bentuk planet dan bintang.
      untuk lebih jelasnya baca dan pahami artikel berikut:

      Di alam semesta, kita akan menemukan berbagai benda yang punya berbagai bentuk. Ada debu, asteroid, komet yang bentuknya tidak beraturan, benda-benda berbentuk bulat laksana kentang, benda bulat sempurna, piringan / cakram dan halo. Gravitasi merupakan penanggung jawab dari bentuk bulat benda-benda tersebut. Proses pembentukkan bintang dan planet Matahari sebagaimana bintang – bintang lainnya terbentuk dalam awan gas molekul yang disusun oleh 99% gas dan hanya 1% debu. Awan molekul ini merupakan awan yang punya kerapatan tinggi. Matahari juga terbentuk dalam awan serupa yang dikenal dengan sebutan Nebula Matahari. Proses Pembentukan Tata Surya Proses Pembentukan Tata Surya(Buzzle/Langitselatan) Awan molekul ini sebenarnya cukup stabil, tetapi keruntuhan bisa terjadi jika ada gangguan yang datang dari luar. Misalnya, gelombang kejut dari ledakan bintang maha dahsyat atau ketika terjadi tabrakan antara dua awan molekul. Saat mengalami keruntuhan, awan yang sebelumnya berbentuk tidak beraturan mengalami perubahan bentuk. Momentum sudut mengubah bentuk awan yang tidak beraturan jadi cakram yang berotasi. Ketika keruntuhan terjadi pada awan molekul, gas berakumulasi membentuk protobintang. Setelah protobintang terbentuk, ia akan menarik lebih banyak materi gas di awan untuk bergabung. Semakin banyak materi yang ditarik, gravitasi juga semakin besar. Selama proses ini, protobintang berotasi semakin cepat dan temperatur pun meningkat. Proses berlangsung sampai protobintang memiliki energi yang cukup untuk memulai reaksi pembakaran hidrogen menjadi helium. Maka dimulailah reaksi termonuklir yang melepaskan energi sangat besar. Inilah proses kelahiran bintang yang salah satunya kita kenal sebagai Matahari, yang massanya 99.8% dari massa awan. Sementara itu, piringan awan yang diisi sisa debu dan gas kemudian menjadi materi pembentukan planet-planet di sekeliling bintang yang baru terbentuk. Cara kerjanya mirip juga dengan bintang. Partikel-partikel debu yang ada di piringan saling bergabung dan membentuk cikal bakal planet. Proses bergabung ini tentu saja karena materi yang ada punya massa, dan setiap benda bermassa akan punya gaya tarik. Ketika protoplanet sudah terbentuk, ia akan terus menarik materi di sekelilingnya. Semakin banyak materi yang ditarik, semakin besar massa planet dan artinya semakin besar pula gaya gravitasinya. Bintang dan planet yang terbentuk juga berotasi pada sumbunya.
      artikel ini bersumber dari sains.kompas.com

      terima kasih

      Delete
  6. Assalamualaikum wr.wb
    Sy andisulia dri kelompok 6. Adapun pertanyaan yg sy ingin ajukan yaitu :
    Kita ketahui bersama bahwa periode revolusi jupiter 11.86 tahun dibumi (satu tahun bumi=365,25 hari) sedangkan periode revolusi mars 686.98 atau hampir 2 tahun. Apa yg menyebabkan bumi dan planet lain melakukan revolusi mengelilingi matahari fengan periode yg berbeda-beda?? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam wr.wb
      yang menyebabkan planet melakukan revolusi mengelilingi matahari adalah gaya grafitasi dari matahari dan planet tersebut. dan mengapa periodenya berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh jarak dari matahari setiap planet tersebut berbeda-beda seperti jarak antara planet bumi ke matahari adalah 150 juta kilometer. hal ini juga dapat dibuktikan dengan adanya hukum kepler, kalau saya tidak salah hal ini terdapat di hukum ke dua kepler.

      terima kasih

      Delete
  7. Assalamu'alaikum.. Saya Suci Badriani Ohi perwakilan dri kelompok 5. Mnggu sbelumnya ibu prnah mnjelaskan bhwa ktika kita melihat bintang di langit, mngkin saja bintang yg kita lihat adlah bintang yg sdah ada ribuan tahun lalu yg kmudian bisa saja bintang trsebut tlah hilang ttapi masih dpat bisa kita lhat. Nah, kita pasti prnah melhat bintang itu sperti trlihat jatuh atau biasa jga dkatakan brpindah tmpat. yg jdi pertanyaan sya, yaitu apa yang mnyababkan bintang tersebut jatuh atau bepindah tmpat? jika trnyata bntang yg kita lhat mngkin saja tlah hilang. Yg ke 2 apa yg mnyebabkan shingga bintang trsebut bisa jatuh,? Trima Kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bintang jatuh adalah sebuah bintang yang jatuh ke Bumi. Pada Kenyataannya, Bintang jatuh adalah sebuah garis cahaya yang dapat terlihat dengan mata telanjang, dan bukanlah sebuah bintang yang jatuh, Melainkan Sebuah Meteor Kecil Ketika memasuki permukaan. Beberapa meteorid terkadang bergerak menuju bumi, ketika berada cukup dekat dengan bumi, meteorid akan tertarik oleh gravitasi bumi sehingga bergerak semakin cepat menuju permukaan bumi. Akan tetapi, perjalanan meteorid menuju permukaan bumi tersebut tidaklah mulus. Meteorid akan memasuki atmosfer bumi dan bergesekan dengannya. Akibatnya, batu meteorid itu akan terbakar. Api pembakaran inilah yang kita lihat sebagai cahaya “bintang jatuh” di langit. Meteorid yang terbakar di dalam atmosfer lazim disebut meteor. Selama meteor bergerak di dalam atmosfer, volumenya banyak berkurang karena habis terbakar. Ada meteor yang habis terbakar di atmosfer ada juga meteor yang masih tersisa hingga manbrak permukaan bumi. Hal ini tergantung pada ukuran awal meteorid ketika memasuki atmosfer bumi.

      Delete
    2. mungkin ini hanya sekedar tambahan untuk jawaban dari ka siti untuk pertannyaan suci mengenai meteor yang jatuh atau yang di kenal dengan bintang jatuh, mengenai hal tersebut sebelumnya telah saya jawab di pertannyaan pertama, jdi apabikla kurang jelasbisa di lihat pada pertannyaan sebelumnya, disitu telah tertera awah terjadinya jatuhnya meteor atau bitang jatuh.

      Delete
  8. assalamualaikum Wr.Wb
    saya La Ode Juni akbar perwakilan dari kelompok 3 bertanya kepada kelompok pemateri:
    "kita tau bersama bahawa terbentuknya satelit (alami) bersama-sama dengan proses penbentukan planet 9diluar satelit buatan). kerena masanya dan grafitasi lebih kecil dari planet. tidak semua planet memiliki satelit dan ada sebagian planet memiliki banyak satelit contoh Merkurius dan venus: yang menjadi sebuah pertanyaan dari kami adalah
    1. apakah unsur pembentuk satelit ada kaitannya dengan unsur pembentukan planer dan unsur apa saja pembentukan satelit?
    2. planet jupiter, saturnus,uranus memiliki banyak satelit, apakah dari planet ini unsur pembentunya gampang menghasilkan unsur pembentukkan stelit planet?
    3. pluto sudah di keluarkan dari sistem tata surya dengan alasan yang paling kuat dengan massa dan gravitasi yang kecil tetapi memiliki satelit yaitu chararon dibanding merkurius dan venus yang memiliki massa dan gravitasi yang besar, bagaimana menurut anda menyikapi hal ini akankah markurius dan venus dikatakan planet sedang pluto hanya sebagai benda langit biasa yang berukuran kecil dan memiliki satelit bukan planet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum slam wr.wb
      terima kasih atas pertanyaannya
      jawaban untuk soal pertama apakah unsur pembentuk satelit ada kaitannya dengan unsur pembentukan planet. jawabannya ya, nah unsur yang membentuk planet dan satelit adalah gas, debu, kabut. hal ini sesuai dengan teori pembentukan tata surya yang dibawakan oleh kelompok saudara sendiri.

      jawaban untuk soal kedua yaitu:
      jawaban singkatnya semakin besar massa suatu benda maka semakin luas pula area yang berada dalam pengaruh gravitasi benda tersebut.
      untuk lebih jelasnya baca dan pahami artikel dari langitselatan.com

      jawaban untuk nomor yang ketiga yaitu:
      Berdasarkan kriteria IAU, planet adalah benda langit yang:
      i. mengorbit Matahari
      ii. bentuk fisiknyanya cenderung bulat
      iii. orbitnya bersih dari keberadaan benda angkasa lain
      nah, pluto tidak memenuhi syarat yang ketiga sehingga walaupun pluto memiliki satelit, pluto tidak termasuk planet. untuk lebih jelasnya buka youtube.com dan cari chanel kok bisa?

      Delete
    2. jawaban singkatnya semakin besar massa suatu benda maka semakin luas pula area yang berada dalam pengaruh gravitasi benda tersebut"
      Mungkin di perjelas jawaban sodari indir jawabannya malahan keluar dari pertanyaan bahkan timbul pertanyakan saya semakin bingung kok jawabnya singkat ya lebih banyak pertanyaan nya coba pahami dulu itu pertanyaan jan asal jawab.
      Hubungan unsur pembentukan satelit dengan masa apa,?
      Selanjutnya mungkin ada keliru de, masa suatu benda tdk diukur dari besarnya benda itu? Contoh planet yg dekat dengan matahari bentuknya padat, kecil masa besar sedangkan planet raksasa sepeti mars,jupiter, saturnus masanya d bawah bumi dll, apakah sesuai dengan pertanyaan anda tadi makin besar masa makin besar pula area benda itu?"kasi paham dulu

      Delete
    3. Akhir pertemuan bukan berartu barakhir pertanyaan materi setiap kelompok harus d tuntaskan jawabnya ya, meskipun udah Mau UTS ini tdk bisa d lewatkan ,okok

      Delete
    4. Terima kasih kak atas sanggahannya

      Saya mau bertanya sama kak apakah kak sudah membaca artikel yang tertera di bawah jawaban nmr 2 kak??

      Kan sudah saya tulis itu jawaban singkatnya dan untuk lebih jelsanya baca dan pahami d artikel tadi

      Terima kasih

      Delete
    5. Terima kasih kak atas sanggahannya

      Saya mau bertanya sama kak apakah kak sudah membaca artikel yang tertera di bawah jawaban nmr 2 kak??

      Kan sudah saya tulis itu jawaban singkatnya dan untuk lebih jelsanya baca dan pahami d artikel tadi

      Terima kasih

      Delete
  9. slmt mlm.. mohon maaf ats keterlabatan pertanyaan sya,karena masalh jaringan..
    yang ingin sy tanyakan : Bagaimanakah sistem penamaan pada rasi bintang yang kita kenal saat ini sehingga kita mengenal ada 12 rasi bintang!!
    dan yang berikutnya : apakah kemunculan rasi bintang tersebut sesuai dengan di kalender ? seperti bintang gemini yang ada di kalender pada bulan mei-juni.. jelaskan!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. penamaan rasi bintang sesuai dengan mitologi dewa. seperti rasi bintang gemini yang bergambar 2 orang bersaudara diangkat dari mitologi dewa.
      kemunculan rasibintang memang sesuai dengan kalender, sebab yang membuatnya adalah kerajaan babilonia.

      Delete
  10. Assalamu alaikum.wr.wb
    Saya nasrawaty, perwakilan dari kelompok 4 ingin bertanya tentang maksud dari gambar yang ada pada slide 7 !

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam wr wb
      maksud dari slide ke 7 yaitu gerak retrograde.
      dan bisa dilihat pada penjelasan untuk jawabannya ka suci surahmi.

      terima kasih

      Delete
  11. assalamu alaikum
    Saya Nur azizah ingin bertanya bagaimana proses dan apa yang menyebabkan hingga terjadi hujan meteor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam wr. wb
      penjelasan mengenai hujan meteor sudah dijelaskan pada pertanyaan sebelumnya. jadi silahkan lihat dan pahami.

      terima kasih

      Delete

Item Reviewed: Antariksa dan Benda-Benda Langit Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe