Latest News
Saturday, February 24, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

20 komentar:

  1. Assalamualaikum.
    Jelaskan diagram dan rumus pada slide 4!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban saya
      Perpindahan panas dengan konduksi terjadi ketika atom dan molekul saling bertukar energi vibrasi. Pada tingkat makroskopis proses ini terwujud sebagai perubahan suhu ketika dua benda, masing-masing pada suhu yang berbeda, ditempatkan dalam kontak satu sama lain. Proses ini ditunjukkan secara skematis pada Gambar 11.2 dimana lintasan suhu dari waktu ke waktu digambarkan untuk dua benda yang dibawa ke kontak pada waktu t1. T1 dan T2 mewakili suhu awal dari bodi 1 dan 2, masing-masing, dan T3 adalah suhu ekuilibrium yang akhirnya mereka capai pada waktu t2. Perhatikan bahwa T3 tidak setengah jalan antara T1 dan T2, yang mencerminkan efek kapasitas panas. Dalam contoh ini, kapasitas panas tubuh 1 harus lebih tinggi dari pada tubuh 2.
      Skema representasi perubahan suhu dari waktu ke waktu ketika dua benda yang berada pada temperatur yang berbeda ditempatkan dalam kontak. Transfer panas diasumsikan hanya dilakukan oleh konduksi. Kotak di kanan atas secara skematis mewakili kondisi dimana perhitungan dilakukan yang ditunjukkan pada Gambar.
      penjelasan rumus
      Q cd = k × A × dT/dx
      Dimana Qcd adalah laju di mana perpindahan panas terjadi dengan konduksi di atas area A, k adalah konduktivitas termal (W / m-K), dan dT / dx adalah gradien suhu pada jarak x (m).

      Delete
  2. Assalamualaikum, petanyaan saya tlg jelaskan bagaimana skema pemanfaatan geothermal secara langsung pada bidang akuakultur (perikanan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban saya
      Salah satu aplikasi penggunaan panas bumi yang paling sederhana adalah akuakultur. Cairan panas bumi telah digunakan untuk membesarkan ikan mas, lele, bass, mullet, belut, sturgeon, nila, salmon, trout, ikan tropis, lobster, udang karang, kepiting, buaya, ganggang, udang, udang, kerang, kerang, kerang, tiram, dan abalone (Dickson dan Fanelli 2006). Cairan panas bumi digunakan untuk mengoptimalkan suhu pemuliaan, pertumbuhan, dan kesehatan spesies yang diminati. Dampaknya bisa dramatis. Misalnya, menurut Dickson dan Fanelli (2006), aligator yang dibiakkan dalam kondisi alami mencapai panjang sekitar 1,2 m dalam tiga tahun. Namun, jika suhu konstan sekitar 30 ° C dipertahankan, alligator akan tumbuh dengan panjang sekitar 2 m pada periode waktu yang sama.
      Jelas bahwa, setidaknya dalam hal mengendalikan tingkat pertumbuhan, suhu optimal ada yang dapat dipertahankan oleh fluida panas bumi. Desain fasilitas akuakultur harus memperhitungkan hilangnya panas dari berbagai proses. Jika fasilitas menggunakan kolam terbuka, kehilangan panas akibat konduksi dari dinding kolam harus diperhitungkan, serta kehilangan panas dari permukaan oleh konveksi, radiasi, dan penguapan. Besarnya kehilangan panas bisa ditentukan dengan mempertimbangkan contoh kolam ikan. Kami akan mempertimbangkan fasilitas yang berukuran 10 × 15 meter dan kedalaman 1,5 meter, dan dibangun dengan dinding beton setebal 10 cm di tanah. Kita akan mengasumsikan bahwa angin musim dingin bertiup di atasnya pada tingkat 1,0 m / s pada suhu rendah musim dingin 10 ° C. Kita akan mengasumsikan suhu kolam dijaga pada 27 ° C. Total volume fasilitas adalah 225 m3 yang 225.000 liter. Kehilangan panas dengan konduksi adalah
      Q cd = k × A × dT / dx Qcd = 1,4 W / m-K × 225 m2 × (12 K / 0,1 m)
      Q cd = 37.800 J / s.

      Delete
  3. Assalamualiakum....
    bgaimna cara anda untuk memaksimalkan pemanfaatan langsung sumber daya geothermal di gorontalo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya cara untuk memaksimalkan pemanfaatan langsung sumber geothermal yang ada di gorontalo adalah
      1. dikenalkan kepada masyarakat bahwa gorontalo memiliki sumber panas bumi yang cukup bagus dan mumpuni, dimana hal tersebut dapat dikelola untuk dijadikan objek wisata, dengan penjagaan dan pemeliharaan yang lebih lagi, sehingga ketertarikan masyarakat untuk datang kegorontalo menjadi lebih tinggi. dan secara tidak langsung hal tersebut bisa meningkatkan perekonimaan gorontalo.
      2. mengupayakan pembangunan pembangkit listrik dengan sumber panas bumi, agar pemasokan listrik untuk provinsi gorontalo lebih terjaga, karena selama ini gorontalo masih bergantung pada provinsi tetangga. jika pembangunan disegarakan dengan perencanaan yang matang, maka sumber geothermal yang ada akan termanfaatkan dengan sangat baik, dan tentunya dapat membangun dan mengembangkan wilayah gorontalo itu sendiri. sehingganya pamosakn listrik kedaerah-daerah plosokpun bisa terjangkau.

      Delete
    2. selain itu pemanfaatan geotehermal digorontalo dapat di upayakan dengan peninjauan langsung kelapanga. dimana yang kita ketahui gorontalo untuk sumber panas bumi masih memiliki tempertur yang rendah. dan salah satu pemanfaatanya adalah bisa diguanakan sebagai media budidaya ikan.
      namun untuk digorontalo sendiri belum ada pemanfaatan tersebut. nah mungkin kedepannya dengan adanya perananan mahasiswa geologi yang paham akan pemanfaatan sumber panar temperatur rendah seperti yanga da digorontalo, sehingga diperlukan pengadaan kerjasama dengan dinas perikanan, untuk pembelajaran pembudidayaan ikan . sehingganya diperlukan penelitian lebih lanjutlagi akan hal itu.

      Delete
  4. Assalamualaikum
    jelaskan apa yng dimaksud oleh gambar yang ad di slide 13-15
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban saya
      Skema representasi dari tiga mode operasi untuk sistem pemanas distrik. (a). Sumber panas bumi dengan fluida suhu tinggi (85 ° C) dan laju alir tinggi. Cairan langsung disalurkan ke situs pengguna, setelah pencampuran dengan cairan kembali. (b). Sumber suhu sedang (60 ° C) disalurkan melalui unit pertukaran panas untuk mentransfer panas ke sistem loop tertutup. Lingkaran tertutup mendistribusikan panas ke situs pengguna. Suhu di sepanjang jalur aliran hanya dimaksudkan untuk menunjukkan perkiraan dan perubahan relatif. (c). Sumber suhu rendah (50 ° C) disalurkan melalui unit pertukaran panas untuk mentransfer panas ke sistem loop tertutup. Panasnya ditambah dengan panas yang diekstraksi dari cairan kembali dengan pompa panas. Seperti halnya b suhu di sepanjang jalur aliran hanya untuk menunjukkan perkiraan dan perubahan relatif.

      Delete
  5. Assalamu'alaikum . . .
    Bisa anda jelaskan establishing the feasibility of a direct use application terhadap direct use of geothermal resources?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAWABAN SAYA
      mekanisme perpindahan panas menunjukkan bahwa total kehilangan panas, QTL yang harus diperhitungkan ketika mempertimbangkan aplikasi adalah jumlah dari semua mekanisme kehilangan panas yang relevan,
      Q TL = Qcd + Qcv + Qrd + Qev
      Nilai ini menunjukkan hilangnya panas yang harus diasumsikan untuk kondisi operasi aplikasi, dan tidak memperhitungkan panas aktual yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang dirancang untuk dilakukan oleh aplikasi. Jumlah panas, QL, yang diperlukan untuk melakukan fungsi dari instalasi yang dirancang akan tergantung pada proses spesifik dan ukuran operasi. Dengan asumsi bahwa QL konstan dari waktu ke waktu, maka sumber daya panas bumi harus cukup suhu dan laju aliran.
      Q Geo> QTL + QL.
      Untuk sebagian besar aplikasi, kemungkinan variabilitas musiman akan mempengaruhi nilai QTL melalui perubahan suhu udara dan variabel musiman lainnya. Untuk alasan ini konsep beban desain dikembangkan. Beban desain adalah kondisi paling parah yang mungkin dialami fasilitas. Untuk pertimbangan kami, beban desain menjadi set kondisi paling berat yang mungkin dihadapi yang akan memaksimalkan kehilangan panas. Oleh karena itu, ketika mengevaluasi kelayakan proyek geothermal penggunaan langsung potensial, penting untuk menetapkan apakah sumber daya cukup untuk memenuhi kondisi yang paling menuntut yang mungkin akan dihadapi. Strategi untuk melakukan analisis semacam itu bervariasi. Dalam beberapa kasus, di mana sumber daya yang melimpah tersedia, mungkin cocok untuk mengukur fasilitas sedemikian rupa sehingga sumber daya memenuhi semua kemungkinan tuntutan. Dalam contoh lain, mungkin karena alasan ekonomi, mungkin akan cukup untuk merancang fasilitas sedemikian rupa sehingga sumber daya panas bumi akan memenuhi permintaan dari beberapa persentase kemungkinan peristiwa maksimum. Sisanya, kondisi probabilitas yang lebih rendah kemudian dapat diatasi dengan sumber energi tambahan. Di bagian selanjutnya dari bab ini kita akan membahas pertimbangan-pertimbangan ini dalam konteks contoh-contoh spesifik. Contoh yang dipilih mencerminkan keragaman jenis aplikasi yang dapat menggunakan cairan panas bumi yang hangat dan berbagai masalah yang harus mereka tangani.

      Delete
  6. Assalamualaikum.
    tolong anda jelaskan mengenai Material Compatibility dan FLuid Chemistry pada pemanfaatan langsung sumber daya geothermal?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban saya
      kompatibilitas bahan merupakan aspek penting dari sistem pemanas distrik. Jika sistem baru sedang dibangun yang akan memberikan layanan kepada komunitas baru, dapat ditetapkan bahwa hanya bahan yang kompatibel yang digunakan dalam sistem perpipaan. Namun, seringkali sistem pemanas distrik akan dibangun yang akan melayani struktur baru dan lama. Bahan pipa cenderung beragam, dari tembaga dan pipa baja hingga berbagai jenis pipa plastik. Dalam kasus seperti ini, penting untuk menilai agresivitas kimia dari fluida panas bumi dan fluida yang digunakan dalam lingkaran tertutup, jika yang terakhir adalah bagian dari sistem. Dalam beberapa kasus, difusi oksigen melalui pipa polipropelena atau polibutelena dapat mempengaruhi tingkat korosi pada pipa logam dan risiko yang harus dievaluasi (Elíasson et al 2006). Cairan geothermal umumnya mengandung beberapa komponen gas terlarut. Meskipun konsentrasinya cukup kecil, selama periode akumulasi akumulasi gas yang lama dapat mempengaruhi proses perpindahan panas dan aliran fluida secara signifikan. Penting untuk mempertimbangkan geokimia cairan sumber daya dan mengevaluasi sejauh mana degassing dapat terjadi. Jika potensi degassing sama sekali signifikan, kemampuan untuk menghilangkan gas sistem harus menjadi elemen integral dari perancangan sistem. Tank dan fasilitas degassing yang tersedia secara komersial dapat segera dirancang ke dalam jaringan untuk mencegah potensi masalah.

      Delete
  7. Assalamualaikum wr.wb
    jelaskan perbedaan dari heat transfer by radiation dan heat transfer by evaporation dan bagaimana prosesnya??

    ReplyDelete
    Replies

    1. perpindahan panas secara Radiasai adalah perpindahan kalor atau panas tanpa adanya zat perantara. Perpindahan kalor secara radiasi tidak membutuhkan zat perantara.
      peristiwa perpindahan kalor dengan cara radiasi ialah panas matahari sampai ke bumi. matahari memancarkan energi kalor, bagaimana kalor dari matahari sampai ke bumi ? energi kalor yang dipancarkan oleh matahari dalam bentuk gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik ini dapat merambat melalui ruang hampa di luar angkasa dan memasuki atmosfer bumi. gelombang elktromagnetik terdiri dari beberapa gelombang cahaya yang mempunyai panjang gelombang dan frekuensi berbeda-beda. Tahukah kamu gelombang apa saja yang
      menyusun gelombang elektromagnetik ?

      Pada gelombang elektromagnetik berlaku semakin besar panjang gelombang maka frekuensinya akan semakin kecil. Besar kecilnya
      energi radiasi dipengaruhi oleh frekuensi. Artinya semakin besar frekuensi maka energi radiasinya juga akan semakin besar.

      Pernahkah kamu menjemur pakaian berwarna hitam dan putih secara bersamaan ? apa yang akan terjadi dengan pakaianmu ? ternyata pakaian yang berwarna hitam lebih cepat kering jika dibandingkan dengan pakaian yang berwarna putih. Mengapa hal itu dapat terjadi ?padahal kedua pakaian mendapat panas yang sama.

      Besar kecilnya energi radiasi yang diterima suatu benda, apat dihitung dengan menggunakan persamaan :

      Dimana :

      P : Daya Radiasi/Energi Radiasi setiap Waktu (watt)
      Q : Kalor (Joule)
      t : waktu (sekon)
      A : Luas permukaan benda (m2)
      T : Suhu mutlak benda (K)
      e : Emisivitas bahan
      o = konstanta stefan boltzmann (5,67 x 10- 8)
      Q/t juga dikenal sebagai laju perpindahan kalor secara radiasi atau laju radiasi energi

      warna hitam dan kusam dikenal sebagai pemancar atau penyerap radiasi yang baik karena nilai emisivitas benda berwarna hitam sama dengan 1 sedangkan benda berwarna putih dan mengkilap dikenal sebagai pemancar dan penyerap radiasi yang buruk karena nilai emisivitas bendanya sama dengan nol. Untuk benda selain warna putih dan warna hitam nilai emisivitasnya antara nol sampai satu.

      Baju berwarna hitam lebih cepat kering dibandingkan warna putih pada baju yang berwarna hitam panas diserap secara sempurna. Ada atau tidanya radiasi panas yang dipancarkan oleh sebuah benda diselidiki dengan menggunakan alat yang disebut termoskop.
      Demikianlah sekilas tentang perpindahan kalor secara radiasi,


      Delete
    2. sedangkan perpindahan panas melalui penguapan adalah perpindahan panas karena perbedaan lapisan udara (steck effect) yaitu lapisan udara panas akan terdorong naik oleh lapisan udara dingin.
      contoh prosesnya adalah Panas, yaitu energi, harus hadir untuk terjadinya penguapan. Ini adalah energi yang memecah ikatan molekul air yang bergabung. Hal ini menjelaskan mengapa air menguap dengan mudah saat mencapai titik didih daripada titik beku, tingkat penguapan sangat lambat.Penguapan terjadi ketika tingkat penguapan lebih tinggi dari tingkat penguapan. Ketika tingkat penguapan dan tingkat penguapan ini sama, saturasi terjadi. Tingkat kelembaban di udara biasanya pada 100% selama saturasi. Kondensasi, yang merupakan kebalikan dari penguapan, terjadi ketika jumlah udara yang jenuh didinginkan di luar titik embun. Titik embun mengacu pada suhu di mana udara didinginkan di bawah tekanan terus menerus sehingga menjadi jenuh penuh dengan air. Sebagai soal fakta penguapan ekstrak panas dari atmosfer. Itu menjelaskan efek pendinginan yaitu penguapan air dari kulit pada tubuh manusia.

      Delete
  8. assalamualaikum wr wb
    mohon penjelasannya mengenai " Aquaculture " pada slide 18
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam
      jawaban saya adalah
      Aquaculture adalah budidaya pemeliharaan atau produksi ikan dan hewan air lainnya dan spesies tanaman di bawah kondisi yang terkendali. Banyak spesies akuatik telah dibudidayakan,terutama ikan, krustasea (udang) dan moluska (kerang), tanaman air dan ganggang.
      nah dari gambar diagram diatas merupakan salah satu pemanfaatan geothermal pada budidayakan ikan, adapun penjelasan dari diagaram sebagai berikut Tingkat pertumbuhan ikan sebagai fungsi suhu lingkungan. Suhu optimal untuk bertengger perak dan barramundi diindikasikan oleh bar yang teduh. Ketergantungan laju pertumbuhan pada suhu ikan trout, udang, dan ikan lele ditunjukkan sebagai kurva pada rentang pertumbuhannya. Perhatikan penurunan tajam pada tingkat pertumbuhan pada bagian suhu tinggi kisaran pertumbuhan udang dan ikan lele. Fenomena ini biasa terjadi pada hewan air.

      Delete
  9. Assalamualaikum wr.wb
    banyak kasus yang terlihat bahwa di beberapa sumber mata air panas telah dikelilingi oleh sampah-sampah dikarenakan masyarakatnya yang belum sadar dengan pemanfaatan dari air panas tersebut. apakah ada cara untuk mengolah air panas yang telah 'kotor' tersebut, bagaimana?

    ReplyDelete
  10. jelaskan plus minus antara perpindahan panas dengan radiasi, perpindahan panas dengan konveksi dan perpindahan panas dengan evaporasi.

    ReplyDelete

Item Reviewed: Pemanfaatan Langsung Sumber Daya Geothermal Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe