Latest News
Friday, February 9, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

31 komentar:

  1. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    pertanyaan saya yang pertama:
    mengapa aristoteles hanya mengadakan pengamatan pada keadaan bulan yang sedang mengalami gerhana dan tidak mengamati keadaan ilmu kosmografi ini dari berbagai kajian yang lain seperti ilmuan-ilmuan pada umumnya yang khususnya mengkaji tentang ilmu kosmografi ini.

    yang kedua :
    dari beberapa teori atau pendapat yang telah di tampilkan, menurut pemateri teori mana yang dapat digunakan dalam mempelajari alam semesta ini atau apa kelebihan dan kelemahan dari masing-masing teori.


    terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dedi sutomo perwakilan dari kelompok 1 akan menjawab pertanyaan pertama dari saudari indri
      kenapa aritatoles hanya melakukan pengamatan pada keadaan bulan yang sedang mengalami gerhana, hl ini di karenakan aristatoles ingin membuktikan bahwa bumi ini bulat dengan cara ia melakukan pengamatan pada gerhana bulan,pada saat ia melakukan pengamatan ia melihat ada bayangan di bulan yang permukaannya bulat

      Delete
  2. assalu alaikum'warahmatullahi wabarakatu

    yang menjadi pertanyaan saya bagaimana eudoxus menghitung gerakan peredaran bintang dan planet

    terimah kasih

    ReplyDelete
  3. Assalam'alaikum wr.wb
    Saya Dinawati Busura dari kelompom 6. Pertanyaan saya , menurut Aristoteles bahwa bumi ada dalam keadaan tenang dipusat alam raya sedangkan Aristarchus pernyataannya bahwa bumi beredar mengelilingi matahari. Dari perbedaan pandangan diatas manakah yang benar dan apakah yang melatarbelakangi mereka memberikan pernyataan tersebut. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu

      Abdul Rahman

      Perwakilan dari kelompok 1

      menurut Aristoteles bahwa bumi ada dalam keadaan tenang dipusat alam raya sedangkan Aristarchus pernyataannya bahwa bumi beredar mengelilingi matahari. Dari perbedaan pandangan diatas manakah yang benar dan apakah yang melatarbelakangi mereka memberikan pernyataan tersebut.?

      Dik. Sebelum ditemukannya hukum ini, manusia zaman dulu menganut paham geosentris, yaitu sebuah paham yang membenarkan bahwa bumi merupakan pusat alam semesta. Anggapan ini didasari pada pengalaman indrawi manusia yang terbatas, yang setiap hari mengamati matahari, bulan dan bintang bergerak, sedangkan bumu dirasakan diam. Anggapan ini dikembangkan oleh astronom Yunani Claudius Ptolemeus (100-170 M) dan bertahan hingga 1400 tahun. Menurutnya, bumi berada di pusat tata surya. Matahari dan planet-planet mengelilingi bumi dalam lintasan melingkar.

      Kemudian pada tahun 1543, seorang astronom Polandia bernama Nicolaus Copernicus (1473-1543) mencetuskan model heliosentris. Heliosentris artinya bumi beserta planet-planet lainnya mengelilingi matahari dalam lintasan yang melingkar. Tentu saja pendapat ini lebih baik dibanding pendapat sebelumnya. Namun, ada yang masih kurang dari pendapat Copernicus yaitu diam masih menggunakan lingkaran sebagai bentuk lintasan gerak planet.


      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaiqum warahmatullahi wabarakatu.
    Saya dari kelompok 2 ingin bertanya.
    Dari ketiga hukum kepler tersebut,pada hukum kedua kepler menyatakan bahwa apabila suatu planet berada paling dekat dari matahari,maka geraknya paling cepat.Dan apaba planet berada paling jauh dari matahari maka gerakanya paling lambat.Mengapa demikiam? Coba pemateri jelaskan berdasarkan diagram.

    Wasalam.Terimah kasih 😊

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatu
    Saya dari kelompok 5. Pertanyaan saya yaitu
    Bagaimana tanggapan dari
    pemateri tentang perbedaan pendapat yg di kemukakan oleh claudius ptolomeus dan Nicolas Copernicus? Yang dimana ptolomeus mnyatakan bhwa matahari dan berbagai planet berputar mengelilingi bumi, sedangkan menurut copernicus bahwa bumi, bulan, dan berbagai planet berputar mengelilingi matahri.

    Terimakasih. Wassalam

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr.wb
      Saya perwakilan dri kelompok 1 atas nama Rovilna Usman
      Jadi menurut saya mengapa claudius ptolemous dan nicolas copernicus berbeda pendapat?
      Sblumnya saya akan mnjelaskan tentang geosentis memandang bahwa bumi adlah pusat dari alam semesta atau tata surya. Pandangan in berkembang pada sekitar 600 thun sebelum masehi. Geoswntris di yakini oleh beberapa filsuf yaitu aristoteles,hiparcus,dan puncaknya yaitu ptolomeus yang membuat peta benda langit dalam buku Almagest. Ia berpandangan bahwa bumi adalah diam dan benda langit bergerak mengitari bumi berdasarkan pengamatan matahari yang terbit dari timur ke barat.
      Kemudian Heliosentris memandang bahwa matahari adalah pusat perdaran benda langit yg di populerkan oleh nicolas copernicus seorang astronom asal dari polandia.kemudian pengakuan pandangan ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Galileo alilei tentang mekanika gerak planet.
      Jadi menurut saya semua kembali pada pola pikir masing2 individu mengapa saya mengatakan seperti itu karena ada yang mengutarakan bahwa geosentris adalah yang paling benar karena berdasarkan Al Quran bumi adlah satu2nya planet yang didiami oleh mahluk hidup termasuk manusia sebagi khalifanya.jadi pusat semua aktivitas adalah bumi.
      Terimahkasih

      Delete
  8. Assalamualaikum, saya dari kelompok 4, atas nama Mustariyani

    Adapun yg menjadi pertanyaan saya adalah jelaskan menurut kelompok 1 manfaat dari mempelajari ilmu kosmografi !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu

      Abdul Rahman

      Perwakilan dari kelompok 1

      manfaat dari mempelajari ilmu kosmografi ?

      kosmografi yaitu ilmu yang memguraikan dan memberikan gambaran tentang alam semesta serta menjelaskan fenomena dan hukum yang terjadi di alam semesta.

      Tujuan kosmografi ini mempelajari mengenai semua benda-benda yang ada di alam semesta ini atau angkasa. Kosmografi merupakan bagian dari ilmu-ilmu bintang atau Astronomi.

      Ilmu kosmografi dan ilmu Astronomi mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain adalah sebagai berikut :
      1. Sebagai penentu kalender, waktu, musim di Bumi
      2. Perhitungan gerhana matahari atau bulan
      3. Perhitungan pasang surut air laut
      4. Pengaturan sistem pelayaran dan atau penerbangan
      5. Sebagai ilmu untuk penjelajahan ruang angkasa dan sebagainya.

      Delete
  9. Assalamu'alaikum
    Saya Yunita Bouato dari kelompok 4
    Pertanyaan saya Teknologi dan ilmu pengetahuan apa yang digunakan oleh para ahli perbintangan untuk memecahkan rahasia-rahasia di alam semesta pada saat itu ??
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu

      Abdul Rahman

      Perwakilan dari kelompok 1

      Teknologi dan ilmu pengetahuan apa yang digunakan oleh para ahli perbintangan untuk memecahkan rahasia-rahasia di alam semesta pada saat itu ??

      Dik: Astronomi adalah cabang ilmu alam yang meliputi pengamatan benda - benda langit serta fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Benda langit yang di maksud disini adalah bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, galaksi dan lainnya. Dan fenomena alam yang dimaksud adalah seperti radiasi latar belakang kosmik atau radiasi CMB.

      Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, dan gerak dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

      Astronomi sebagai ilmu adalah salah satu yang tertua, sebagaimana diketahui dari artifak-artifak astronomis yang berasal dari era prasejarah; misalnya monumen-monumen dari Mesir dan Nubia, atau Stonehenge yang berasal dari Britania. Orang-orang dari peradaban-peradaban awal semacam Babilonia, Yunani, Cina, India, dan Maya juga didapati telah melakukan pengamatan yang metodologis atas langit malam. Akan tetapi meskipun memiliki sejarah yang panjang, astronomi baru dapat berkembang menjadi cabang ilmu pengetahuan modern melalui penemuan teleskop.

      Berikut Penjelasan Tabel Ilmu Astronomi:
      Astronomi
      Ilmu Tentang Benda langit
      Kajian Mengkaji asal-usul, sifat kimia, sifat fisika, meteorologi, gerak, dan evolusi benda-benda langit

      Ahli dan metode Ahli astronomi disebut astronom yang bekerja dengan metode ilmiah dalam pengkajian dan menggunakan data sistematis yang teruji kebenarannya

      Penggunaan rasi bintang Sebagai Arah

      Jumlah Rasi 13

      Pengolahan data Scientific berdasarkan data yang teruji
      Kajian Observasi / Pengamatan

      Delete
  10. Assalamu'alaykum.
    Saya bertanya kepada kelompok 1 yaitu mengenai pendapat manusia tentang alam semesta, pada poin ke -3, Aristarkus telah berhasil mengukur jarang jarak antara bumi dan matahari. Pertanyaannya, bagaimana Aristaskus mengetahui jarak antara bumi dan matahri, jelaskan metosde yg ia gunakan. Terima kasih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaykum. Saya muh. Albarkah dari kelompok 6.
    Saya bertanya kepada kelompok 1 yaitu mengenai pendapat manusia tentang alam semesta, pada poin ke -3, Aristarkus telah berhasil mengukur jarang jarak antara bumi dan matahari. Pertanyaannya, bagaimana Aristaskus mengetahui jarak antara bumi dan matahri, jelaskan metosde yg ia gunakan. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Saya Melyan Lawewan perwakilan dari kelompok IV.
    Adapun pertanyaan saya yaitu..
    1. Jelaskan menurut pemateri apa hubungannya ilmu kosmografi denga ilmu geografi ?
    2. Jelaskan sejarah tentang alam semesta dan alam perbintangan pada zaman purba.

    Terimakasih, wassalam...

    ReplyDelete
    Replies

    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu

      Abdul Rahman

      Perwakilan dari kelompok 1

      1. Jelaskan menurut pemateri apa hubungannya ilmu
      kosmografi denga ilmu geografi ?
      2. Jelaskan sejarah tentang alam semesta dan alam perbintangan pada zaman purba.

      Kosmografi (harafiah berarti "pengukuran langit") adalah ilmu yang mengkajipenggambaran alam semesta, baik langit maupun bumi (atau benda-benda langit lainnya). Kajian dari ilmu ini menghasilkan berbagai peta langit maupun bumi.
      Pengetahuan akan posisi berbagai benda langit yang dipelajari dalam kosmografi dalam bentuknya yang paling awal telah lama dimanfaatkan oleh berbagai bangsa dunia pada masa prasejarah sebagai pedoman navigasi untuk menunjukkan arah atau posisi pengamat; atau sebagai panduan untuk penentuan suatu kegiatan budaya. Sebagai misalnya diberikan dua contoh. Pelaut masa lalu mengandalkan pengetahuan mengenai posisi beberapa rasi bintang sebagai petunjuk untuk memulai suatu perjalanan lewat laut serta untuk menentukan arah. Dukun dari suatu masyarakat agraris akan membaca tanda-tanda di langit dan alam,Sedangkan.....

      Secara umum Pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada di permukaan bumi, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tesebut.

      Dari pengetahuan mengenai kosmografi-lah berbagai sistem penanggalan dibuat. Ilmu-ilmu modern seperti geografi, geodesi, kartografi, serta astronomi mendapat banyak kontribusi dari kosmografi.


      Asal Mula Alam Semesta

      Ilmu pengetahuan moderen, ilmu astronomi, baik yang berdasarkan pengamatan maupun berupa teori, dengan jelas menunjukkan bahwa pada suatu saat seluruh alam semesta masih berupa 'gumpalan asap'(yaitu komposisi gas yang sangat rapat dan tak tembus pandang, The First Three Minutes, a Modern View of the Origin of the Universe, Weinberg, hal. 94-105.). Hal ini merupakan sebuah prinsip yang tak diragukan lagi menurut standar astronomi moderen. Para ilmuwan sekarang dapat melihat pembentukan bintang-bintang baru dari peninggalan 'gumpalan asap'
      Karena bumi dan langit di atasnya (matahari, bulan, bintang, planet, galaksi dan lain-lain) terbentuk dari 'gumpalan asap' yang sama, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa matahari dan bumi dahulu merupakan satu kesatuan. Kemudian mereka berpisah dan terbentuk dari 'asap' yang homogen ini.

      Delete
  14. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
    saya Endang Satria Ningsih perwakilan dari kelompok III.
    Adapun pertanyaan saya yaitu..
    1. Jelaskan apakah kita bias menghitung gaya pasang surut di setiap tempat di tepi pantai secara astronomis sehingga dapat menentukan kapan pasang maksimum dan surut minimum di suatu tempat ?
    2. kenapa bulan warnanya putih dan bagaimanakah proses pembentukan bulan ?

    Terimkasih, Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu

      Abdul Rahman

      Perwakilan dari kelompok 1


      1. pasang surut air laut dipengaruhi oleh gravitasi bulan

      Misalya dalam menggunakan Kalender China (Kalender China menggunakan sistem matahari dan bulan), air pasang/surut besar adalah setiap tanggal 13-18 (bulannya besar/purnama) dan tanggal 29-3 (bulan mati/bulan sabit). Air pasang, istilahnya air mulai dorong jam 2-3 pagi/sore, mencapai peaknya tertingginya jam 5-6 pagi/sore (sama saja jam pasang/surut di pagi/sore hari). Air surut, ada di peaknya (surut jauh) di jam 11-12 siang/malam (sama saja jamnya).

      Sedangkan untuk pasang tertinggi setiap bulan ada di tanggal 18 dan tanggal 3, itu merupakan tertinggi ---> kalo ini, aku selalu memperhatikan batas garis air di tiang-tiang jembatan dan menghitung anak tangga yang tergenang.

      2. Mengapa bulan berwarna putih?

      Sedangkan banyak orang yang mengatakan bahwa bulan mendapatkan cahaya dari matahari yang berwarna merah 9 jawaban Astronomi & Ruang Angkasa

      Jawaban Terbaik:
      Sinar matahari terlihat putih atau tidak berwarna, tetapi sesungguhnya merupakan campuran berbagai warna cahaya. Sinar bulan adalah sinar matahari yang dipantulkan. Oleh karena itu, sinar bulan mengandung warna juga. Ketika sinar bulan mengenai air hujan atau abu, warna2nya menyebar dan kamu akan melihat beberapa warna pelangi atau semua warna itu pada pelangi.

      Warna pada bulan tidak sepenuhnya putih. Jika kamu melihatnya lebih dekat lagi dengan teropong, kamu akan melihat daerah terang dan daerah gelap pada bulan. Warna gelap itu adalah dataran berbatu yang luas. Tempat yang gelap merupakan wilayah dataran bebatuan yang gelap dan luas sedangkan tempat yang terang merupakan wilayah pegunungan dengan bebatuan yang berwarna lebih terang. Dengan teleskop, kamu juga dapat menemukan tempat gelap lain yang diakibatkan oleh sisi2 kawah yang tinggi di bulan, sehingga matahari tidak bisa menyinari dasarnya.

      Kadang2 bulan juga terlihat biru karena di bulan terdapat banyak debu dan kotoran di udara, contohnya setelah letusan gunung berapi atau hutan terbakar. Debu dan asap yang berfungsi sebagai filter dan hanya meneruskan sinar biru dari bulan. Setiap beberapa tahun sekali, dalam 1 bulan terjadi 2 bulan purnama. Bulan purnama kedua disebut bulan biru, walaupun tak ada seorang pun yang tahu mengapa hal itu terjadi.

      3. Proses Pembentukan Bulan Pertama kali

      Singkatnya, saat bumi pertama kali dibentuk yakni, 4.6 miliar tahun yang lalu, Bumi masih sangat panas dan masih terlalu dekat dengan matahari. Dahulu, tata surya sangat tidak stabil, dan ada suatu orbit planet yang dikenal dengan orbit planet Theia mengalami pembelokkan orbit sehingga menabrak Bumi. Menciptakan satelit alami bumi, Bulan!

      Hipotesa ini menggambarkan bahwa ada suatu planet yang bernama Theia memilikki ukuran sebesar planet Mars menabrak bumi akibat periode orbitnya yang kacau sehingga mengganggu orbit planet lain yaitu Bumi yang masih muda, sehingga terjadi sebuah tabrakan besar, awalnya puing-puing belum bersatu, akan tetapi karena adanya massa puing tersebut membuat sebuah objek lagi yang kita kenal sebagai Bulan.

      Delete
  15. Assalamualaikum. Saya hasni perwakilan dari kelompok 2 ingin bertanya tentang hipparcus yg telah berhasil menghitung bayangan bumi yg jatuh pada rembulan pd waktu terjadinya gerhana bulan. Bagaimna cara hipparcus merumuskan teori itu ?
    Yg ke dua.. Bagaimna kita sebagai seorang guru memberikan pemahaman ts kepada siswa dg penjelasan yg mudah di pahami/ sederhana ?

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum wr. Wb
    Saya Andi Sulia dr kelompok 6.
    Ingin menanyakan mengenai penjelasan gambar secara rinci dan jelas tentang ilustrasi konsep jagad raya menurut Ptolomeus dan lintasan gerak planet.
    Terimakasih wassalam.

    ReplyDelete
  17. assalamu alaikum wr.wb
    nama saya melia riska dari kelompok 3
    sata ingin bertanya kepada kelompok 1:
    1. di slide pertama telah di jelaskan bahwa pengetahuan manusia tentang alam semesta (antariksa) sudah ada sejak zaman purba. pertanyaannya yaitu : bagaimanakah cara manusia mengetahui alam semesta( antariksa) sedangkan dahulu kala teknologi belum secanggih seperti zaman sekarang ?
    2. di slide 13 di jelaskan perbandingan konsep tentang jagad raya menurut 3 astronomi. tolong jelaskan dari ketiganya serta kelebihan dan kekurangan dari 3 konsep itu ?
    3. bagaimanakah cara harlow menghitung jarak antara tumpukan bintang dan memastikan bahwa matahari kita berada dekat tepi bima sakti ( milky way) ?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum.. Yang terhormat kepda dosen pembimbing MK KOSMOGRAFI.
    sy syarif perwakilan dari kelompok 3 ingin brtnya. Bagaimanakah metode yang digunakan Eudoxus saat menghitung gerakan-gerakan peredaran bintang dan planet-planet lainnya?? Terimahkasih
    Wassalamualaikum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
      untuk pertanyaan saudara sarif itu hampir sama dengan pertanyaan dari nasrawati wolinelo, jaadi untuk jawabanya bisa di lihat, karena saya sudah menjawab pertanyaan dari nasrawati wolinelo.

      Delete
  19. Assalamualaikum
    saya ayu widarti ingin bertanya Bagaimanakah cara hiparcus menghitung bayangan bumi yang jatuh pada rembulan saat terjadinya gerhana bulan

    ReplyDelete
  20. slamt sore
    sya mau beratanya.
    bagaimana sitem atau cara pendahulu kita dalam menai rasi bintang.. seperti yg kita ketahui saat ini.. sehingga kita banyak mengenal rasi* bintang.. seperti gemini,sagitariuss dan lain nya.
    trimaksih..

    ReplyDelete
  21. Assalamu alaikum wr.wb
    Saya Nasrawaty ini bertanya bagaimana cara Eudoxus Menghitung gerakan gerakan peredaran bintang bintang dan planet planet ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam warahmatullahi wabaeakatu
      saya mewakili kelompok 1 akan menjawab pertanyaan anda.
      peredaran bintang dan planet-planet. bagi mata kita, bintang-bintang itu seolah bergerak sebagai kelompok-kelompok di samping langit dengan arah timur ke barat.ia tidak peernah melihat mereka itu bergerak berlawanan, oleh sebapitu, bintang-bintang seperti itu sisebut tetap. disamping tetap, ada pula beberapa benda langit yang seperti bintang juga rupanya, disamping gerakanya yang dari timur ke barat, juga bergerakdari barat ke timur dibandingkan letaknya terhadap bintang-bintan tetap tersebut. benda langit tersebut di sebut planet. jadi planet itu bergeser dengan arah yang terbalik dengan gerakan bintang-bintang tetap yang berada di latar belakangnya itu, disamping pergerakanya sehari-hari. eudoxus berhasil menghitung ada tujuh beda langit yang bergerak seperti itu, yaitu matahari dan bulan, juga merkurius, venus, mars, yupiter dan saturnus dan ia menyebutnya bintang beredar atau planet.
      umumnya planet-planet tersebut bergerak dari barat ke timur dengan latar belakang bintang-bintang tetap tersebut. akan tetapi, salah satu diantaranya ada yang seakan-akan pada suatu saat semakin menjadi lambat gerakanya, kemudian berhenti, dan secara misterius bergerak kembali dengan arah berlawanan, jadi bergerak kembali atau bergerak retrograde atau beberapa minggu lamanya. kemudian, secara misterius kembalilagi bergerak dengan arah seperti semula atau bergerak dengan arah rektograde.untuk memecahkan gejala ini, eudoxus menemukan jawabanya, dia berpendapat bahwa bumi itu diam tidak bergerak dan berada di tengah-tengah jagat raya. keadaan ini memangseperti keadaan yang dapat kita saksikan dengan mata kita. kemudian, eudoxus mempunyai pandangan bahwa beberapa bola/bulan yang transparan mengelilingi bumi yang diam ini, yang kesemuanya berputar mengelilingi sebuah titik pusat.semua bintang tetap yang aada itu melekat di bagian dalam bola kaca yang letaknya ada di bagianpaling luar dan ukuranya yang paling besar pula. dengan demikian, orang melihat bintang-bintang itu semuanya bergeser di langit jika bola tersebut berputar mengelilingi sumbunya itu. pada bola kaca yang kedua, yang letaknya ada di bagian yang lebih dalam, teerletak antara lain planet saturnus, dan perputaran dari bola ini mentebapkan bergesernya planet tersebut dengan latar belakang bola pertama tadi. bola kaca berikutnya menyebapkan bergesernya yupiter dan bola berikutnya menyebapkan bergesernya mars, kemudian matahari, venus dan sebagainya.

      Delete
  22. Assalamualaikum, saya atas nama mustariyani dari kelompok 2 adapun yang menjadi pertanyaan saya adalah, penjelasan mengenai hubungan posisi bulan dengan pasang surut air laut. Dan apa yang mempengaruhi terang pada suatu bintang berubah ? Terimakasih

    ReplyDelete

Item Reviewed: Pengantar Kosmografi Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe