Latest News
Friday, February 23, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

13 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr.Wb
    Tolong jelaskan apa yang dimaksud dengan Extensional Tectonic dan Wrench Fault Tectonic....!
    Wasalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Extensional Tectonic merupakan salah satu tempat utama dari berlangsungnya kejadian-kejadian tektonik. Biasanya terjadi di kerak bumi atau di bagian litosfer. Proses tersebut dapat mengakibatkan penipisan kerak bumi dan biasanya menggerakan permukaan bumi bagian luar menuju ke mantel bumi yang panas. Proses tersebut biasanya menghasilkan struktur.
      Sedangkan Wrench Fault Tectonic merupakan sudut tinggi atau sesar strike-slip yang mengarah vertikal dan kemudian mengalami kompresi mengarah horisontal.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum Wr. Wb,

    Bisa jelaskan gambar di slide 20...??
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar pada slide 20 menunjukkan contoh data yang diturunkan secara seismik yang dapat diposting untuk membantu dalam pembangunan peta struktur bawah permukaan. Titik data pertama dan paling jelas adalah kedalaman horizon yang diposkan di lokasi titik bidikan. Nilai-nilai ini waktu seismik mengambil dikonversi ke kedalaman dengan fungsi kecepatan yang sesuai. Kedua, data sesar diposting di sepanjang persimpangan dari sesar dengan horizon. Misalnya, garis D mengilustrasikan cara memposting peningkatan upthrown dan downthrown untuk pemetaan horizon di persimpangan horizon dengan patahan di sepanjang garis bagian. Untuk sesar B, peningkatan elevasi dari persimpangan horizon dengan patahan adalah - 9460 ft, dan elevasi downthrown di persimpangan fault / horizon adalah - 9815. Akhirnya, data pemisahan vertikal yang diperkirakan di seluruh patahan dipasang dan digunakan untuk bantuan dalam pemetaan (misalnya, 450 ft untuk sesar B pada jalur D).

      Delete
  3. Assalamualaikum, pertanyaan dari saya yakni jelaskan data korelasi dari well log dan interpretasi seismik pada pembuatan peta struktur

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum,,
    tolong jelaskan cara menginterpretasi struktur geologi dengan beberapa metode yang dipakai dalam peta struktur..!!

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum.
    tolong anda jelaskan mengenai gambar pada slide 23-24 dan bagaimana cara pembacaannya untuk mengetahui pola strukturnya pada extensional tectonik ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar (a) menunjukkan peta kontur sesar untuk sesar A dan B, yang bersama-sama mewakili pola sesar kompensasi tipikal. Jika perlu, rujuk lagi ke Bab 7 dan tinjau aspek-aspek utama dari pola sesar ini. Beberapa poin penting harus ditekankan kembali di sini. Gambar (b) adalah peta kontur struktur yang sudah selesai pada 6000-ft Sand. Strukturnya adalah sesar antiklin. Gambar (c) menunjukkan peta patahan untuk sesar A dan B yang dilapiskan ke peta struktur lengkap untuk 6000-ft Sand. Gambar (d) adalah peta struktur pada kedalaman 7000-ft Sand, yang menunjukkan bahwa patahan telah bermigrasi dengan kedalaman. Teknik konstruksi persis sama seperti yang disajikan untuk 6000-ft Sand. Pada gambar (e), kita kembali menempatkan peta patahan pada peta struktur lengkap. Pilih beberapa kontur struktur dan ikuti masing-masing di seluruh area yang dipetakan untuk meninjau teknik konstruksi seperti yang dibahas untuk persiapan peta struktur lengkap untuk 6000-ft Sand. Akhirnya, jejak sesar selesai untuk kedua 6000-ft dan 7000-ft Sands, dan tren umum kontur struktur ditumpangkan ke peta sesar untuk sesar A dan B pada gambar (f).

      Delete
  6. selamat sore
    yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara pembacaan gambar pada slide 20? faktor apa yang mempengaruhi sehingga hasil peta struktur didapatkan seperti pada gambar?

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum wr.wb
    tolong jelaskan gambar pada slide 11!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar pada slide 11 adalah peta permukaan sesar yang terdiri dari data sesar dari tujuh sumur . Strike/jurus dari sesar tersebut umumnya berarah utara-selatan, sedikit cekung ke barat dengan kemiringan 45 derajat, dan memiliki pemisahan vertikal 400 ft. horizon yang berkontur disebut 7000-ft sand.

      Delete
  8. Assalamualaikum...
    apa perbedaan dari pembuatan peta struktur bawah permukaan,dari data well logs dan interpretasi seismik?

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum
    Tolong jelaskan perbedaan antara masing-masing metode tersebut dalam hal ini kelebihan dan kekurangannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete

Item Reviewed: Peta Struktur Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe