Latest News
Saturday, February 24, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

16 komentar:

  1. assalamualaikum..
    yang saya ingin tanyakan adalah, apa hubungan langsung dari teori siklus carnot dengan sistem geothermal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum'salam . . .
      yang pertama Kita harus tau apa itu siklu carnot?. Siklus carnot merupakan salah satu siklus yang reversibel , artinya bahwa di dalam suatu sistem hampir selalu berada dalam keadaan setimbang. Mesin teoritis yang menggunakan siklus Carnot disebut dengan Mesin Kalor Carnot. Hubungannya dengan sistem geotermal yaitu mesin kalor yang dapat merubah panas menjadi kerja dengan efisiensi sebesar mungkin pada sebuah pembangkit listrik tenaga geotermal.

      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb
    seperti yang dijelaskan pada slide, bahwa Hukum termodinamika pertama lebih berfokus ke entalpi sedangkan Hukum termodinamika kedua berfokus ke entropi. pertanyaan saya adalah apa perbedaan dari kedua hukum tersebut terutama dalam hal entalpi dan entropi. serta bagaimanakah penerapan konsep termodinamika ini dalam sistem Geotermal itu sendiri.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
      Perbedaan Entalpi dan Entropi
      1). Entalpi terkait dengan hukum pertama termodinamika yang mengatakan, “Energi dapat tidak diciptakan atau dihancurkan.” Tapi entropi secara langsung berkaitan dengan hukum kedua termodinamika.
      2). Dalam reaksi, perubahan entalpi bisa positif atau negatif. Reaksi spontan terjadi dalam rangka untuk meningkatkan entropi universal.
      3). Entalpi adalah energi yang dilepaskan atau diserap selama reaksi.
      4). Entalpi adalah perpindahan kalor berlangsung dalam tekanan konstan. Entropi memberikan gambaran tentang keacakan suatu sistem
      5). Entalpi adalah ukuran kandungan panas dari sistem, sedangkan entropi adalah ukuran dari perubahan (entalpi/suhu).
      Penerapan prinsip termodinamika pada sistem panasbumi yang mudah untuk kita pahami adalah sistem pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP), yang pada dasarnya adalah membangkitkan arus listrik dengan mengubah energi kinetik uap panasbumi menjadi energi listrik untuk keperluan komersial.

      Delete
  3. Assalamualaikum wr. wb
    yang ingin saya tanyakan disini yaitu mengenai gambar 10 yaitu diagram tekanan versus enthalpy,bisa dilihat dari gambarnya saja sangat rumit dan membnggungkan yang saya tanyakan disini mohon penjelasannya dar gambar tersebut

    terima kasih

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
    berdasarkan penjelasn diatas, saya ingin menanyakan tentang hukum - hukum yang dibahas diatas, apakah berlaku untuk lingkungan geothermal vulkanik dan non-vulaknik, atau hanya dari satu lingkungan saja? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
      ya, semua hukum-hukum diatas bukan hanya dari satu lingkungan saja tetapi berlaku untuk lingkungan geotermal vulkanik dan non-vulkanik.untuk lebih jelasnya tentang lingkungan geotermal vulkanik dan non-vulkanik bisa mengunjugi web ini http://www.geologinesia.com/2017/01/sistem-panas-bumi-non-vulkanik.html dan http://www.geologinesia.com/2016/12/sistem-panas-bumi-geothermal-vulkanik.html

      Delete
  5. Assalamualaikum.
    pertanyaan saya tolong jelaskan mengenai GIBBS Function dan GIBBS Energi? dan tolong jelaskan gambar 5 pada Negara standar dan dan gambar 6 pada efiensi termodinamika?
    terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum,
    Pertanyaan saya adalah apakah hukum termodinamika mempengaruhi besar suhu dari manifestasi geothermal ?
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
      hukum termodinamika mempengaruhi besar suhu dari manifestasi geothermal jawabanya iya dapat mempegaruhi, karena hukum termodinamika berkaitan erat dengan entalpi. Dalam sistem geothermal berperan dalam penentuan jenis sistem panas bumi yang terbagi ke dalam tiga jenis yakni sistem panas bumi entalpi rendah, sedang dan tinggi. Besarnya entalpi tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk pemanfaatan manifestasi geothermal. Sistem panas bumi dengan entalpi sedang hingga tinggi, sangat potensial bila dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi. Sedangkan sistem panas bumi dengan entalpi rendah dapat digunakan untuk aplikasi pemanfaatan langsung seperti proses pengeringan, terapi, spa dan lain sebagainya. Sistem panas bumi dengan entalpi rendah juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dengan menggunakan siklus binari.

      Delete
  7. Assalamualaikum wr wb.
    Pertanyaan saya coba anda jelaskan apa maksud dari gambar 8 dan 9 pada sifat termodinamika dari interaksi air dan air laut. ..?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  8. selamat sore
    tolong jelaskan secara rinci mengenai gambar grafik pada slide 21,yang membahas mitokondria dan juga tekanan. terima kasih

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum wr wb, tolong jelaskan bagaimana hubungan antara termodinamika dengan sistem kerja mesin uap.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh
      Mesin Uap (steam engines) masuk dalam kategori pesawat kalor,yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahanbakar menjadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran. Cara kerjamesin uap tersebut merupakan terapan dari ilmu termodinamika dimanaAir dalam wadah biasanya dipanaskan pada tekanan yang tinggi. Karena dipanaskan pada tekanan yang tinggi maka proses pendidihan air terjadipada suhu yang tinggi.

      Delete
  10. Assalamualaikum.
    Pada slide ketiga disebutkan 4 macam hukum pertama termodinamika. jelaskan lebih lengkap keempat macam tersebut dan penurunan rumusnya serta jelaskan hubungan keempat macam hukum tersebut dengan sistem geothermal!

    ReplyDelete

Item Reviewed: Termodinamika dan Sistem Geothermal Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe