Latest News
Sunday, March 11, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

16 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Wr. Wb
    Terima kasih atas waktu yang diberikan kpd saya
    Saya indri akan menanyakan beberapa pertanyaan yaitu
    Mengapa sampai terjadi efek doppler??
    Apa yang mendasari lahirnya hukum relativitas Einstein??
    Pada permulaan abad ke 20 dunia ilmu pengetahuan digemparkan oleh pendapat baru seperti teori quantum oleh Planck, nah jelaskan proses terjadinya alam semesta ini menurut teori quantum tersebut

    Terima kasih atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,
      terimahkasih atas pertanyaannya, saya akan mencoba menjawabnya semoga bisa terjawab perttanyaannya. jawaban saya ini singkat saja ketika sodari bisa menganalisisnya atau mencermatinya maka sodari akan paham.
      1. mengapa terjadi efek doppler? efek doppler dianalogikan saja (gelombang suara), efek artinya peristiwa perubahan harha frekuensi bunyi yang diterima ol pendengar (p) dan frekuensi sumber bunyi (s) apabila terjadi gerakan relatif antara dan (s).
      2. teori QUANTUM oleh Planck, dalam teori ini bukan menjelaskan bagaimana terbentuknya jagad raya tapi menjelaskan penemuannya bagaimana suatu benda hanya dapat memancarkan atau menyerap radiasi elektri magnetik dalam ukururan atau partikel-partikel tertentu. Planck menemukan bahwa energi foton (kuantum) berbanding lurus dengan frekuensi cahaya.
      3. Teori relativitas Albert Einstein adalah sebutan untuk kumpulan dua teori fisika yaitu relativitas umum dan relativitas khusus. yang meltar belakangi munculnya Kedua teori ini untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerakan Newton Relativitas khusus menunjukkan bahwa jika dua pengamat berada dalam kerangka acuan lembam dan bergerak dengan kecepatan sama relatif terhadap pengamat lain, maka kedua pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan apakah mereka bergerak atau diam. Bayangkan ini seperti saat Anda berada di dalam sebuah kapal selam yang bergerak dengan kecepatan tetap. Anda tidak akan dapat mengatakan apakah kapal selam tengah bergerak atau diam. Pengembangan relativitas umum dimulai dengan asas ekivalensi, di mana keadaan gerak dipercepat dan diam pada sebuah medan gravitasi (contohnya, ketika berada pada pada permukaan bumi) yang identik secara fisik. Hasilnya adalah jatuh bebas adalah gerak inersia: objek yang sedang jatuh bebas akan jatuh karena itulah bagaimana objek bergerak ketika tidak ada gaya yang diberikan pada benda tersebut, bukan akibat gaya gravitasi seperti pada kasus mekanika klasik.

      Delete
    2. terima kasih atas jawabannya. yang saya maksud dari pertanyaan saya itu sebab lahirnya teroi einstein itu apa, dalam arti yang lain asbabun turunnya teori ini apa??
      saya tidak menanyakan bagaimana teori ini tapi asbabun munculnya teori ini apa.


      terima kasih

      Delete
  3. semoga ini menjawab pertanyaan nomr 2.
    Teori relativitas Albert Einstein adalah sebutan untuk kumpulan dua teori fisika: "relativitas umum" dan "relativitas khusus". Kedua teori ini diciptakan untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai dengan teori gerakan Newton.

    Gelombang elektromagnetik dibuktikan bergerak pada kecepatan yang konstan, tanpa dipengaruhi gerakan sang pengamat. Inti pemikiran dari kedua teori ini adalah bahwa dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama, namun isi hukum fisika akan terlihat sama oleh keduanya.
    Relativitas khusus adalah teori mengenai struktur ruang-waktu. Diperkenalkan oleh Einstein melalui karyanya tahun 1905, Tentang Elektrodinamika Benda Bergerak (untuk kontribusi fisikawan lainnya lihat Sejarah relativitas khusus). Relativitas khusus menunjukkan bahwa jika dua pengamat berada dalam kerangka acuan lembam dan bergerak dengan kecepatan sama relatif terhadap pengamat lain, maka kedua pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan apakah mereka bergerak atau diam. Bayangkan ini seperti saat Anda berada di dalam sebuah kapal selam yang bergerak dengan kecepatan tetap. Anda tidak akan dapat mengatakan apakah kapal selam tengah bergerak atau diam. Teori relativitas khusus disandarkan pada postulat bahwa kecepatan cahaya akan sama terhadap semua pengamat yang berada dalam kerangka acuan lembam.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. 5:02 AM
    Assalamualaikum wr.wb
    Sy ingin bertanya kpd kelompok 3, adapun pertanyaan sy sprti brikut ini :
    Ada sbuah penemuan yang diciptkan oleh Einstein, de sitter, Lemaitre, Tollman dan sebagainya yg mengatakan bahwa ruang alam raya, berdimensi 4 (3 dimensi ruang dan 1 dimensi waktu), melengkung, tak terbatas tetapi berakhir, dan muai. Bisa dijelaskan maksud dari pernyataan diatas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mempersingkat, dimensi itu sederhananya hanyalah sejumlah aspek berbeda dari apa yang kita anggap sebagai realitas. Agan pasti mengetahui tiga dimensi awal yang ada disekitar kita yaitu dimensi yang menjelaskan panjang, lebar, dan kedalaman dari segala obyek yang ada di alam semesta kita.

      Ketiga dimensi itu dapat dilihat dengan mudah, namun diatasnya, dimensi keempat dan seterusnya, observasi biasa akan sulit dilakukan. dalam teori relativitas tidak diakui adanya garis lurus dan bidang rata hanya ada diangan2 kita saja tetapi tidak dikenal oleh alam.tiap2 sinar cahaya, sebagai penjelmaan garis lurus maka diteruskan saja akan kembali kepangkal semula jadi melengkung. ilmu pengetahuan moderen bagaimana ruang dimensi berdeda dapat eksis bersamaan di tempat dan waktu bersamaan, karakterisistik mana saja yang merupakan karakteristik dari ruang dimensi itu sendiri

      Delete
    2. dan untuk lebih Jelaskan nanti dilanjutkan saat presentase di ruangan karena para ilmuwan saja belum bisa pastikan karakteristik yang pasti dari suatu dimensi apalagi hanya saya.

      Delete
  6. Assalamualaikum Wr. Wb
    Sy Suci Surahmi dari kelompok 5 ingin mengajukan pertanyaan. Pertanyaan saya yaitu mengenai teori pasang surut. Jeans dan jeffreys melukiskan, bahwa setelah bintang itu berlalu massa matahari yang lepas itu membentuk bentukan cerutu yang menjorok ke arah bintang. Kemudian, akibat bintang yang makin menjauh, massa cerutu itu terputus putus membentuk gumpalan gas di sekitar matahari. Gumpalan - gumpalan itulah yang kemudian membeku menjadi planet - planet. Nah, dari teori tersebut apa yang mendasari sampai kedua ilmuwan inggris tersebut menamai atau mengatakan bahwa teori tersebut adalah teori pasang surut ?

    Terimakasih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikatakan teori pasang surut karena saat matahari yang dilewati oleh bintang yang sangat dekat karena pengaruh gaya grafitasi, sebagian massa matahari tertarik ke arah bintang hingga membentuk seperti cerutu panjang. Pada bagian tengah cerutu besar, sedangkan bagian ujung dan pangkalnya kecil. nah ini kita bisa umpamakan dengan air pasang dari titik muka air dari rendah ke tinggi dan surut dari titik yang tinggi ketitik nuka air rendahah. sama halnya dengan pembentukan tata surya ini dari gumpalan gas kecil ke gumpalan yang besar dan kemudian kembali ke gumpalan kecil. dan kita bisa ketahui dari sususnan planet dibagian tengah seperti jupiter, saturnus, uranus dan neptnus mrpkn planet raksasa dan dibagian ujung merkurius dan venus d dekat matahari dan ujung lain pluto planet lebih kecil, terimakasih

      Delete
  7. Assalamu'alaikum
    Nama saya Yunita Bouato dari kelompok 4
    Pertanyaan saya yaitu dari teori-teori asal mula jagat raya dan tata surya ada beberapa teori yang di kemukakan oleh para ahli dari teori-teori itu mana yang menurut pemateri sangat masuk akal dan apa alasan pemateri memilih teori tersebut.Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsallam,
      berbicara teori tentunya ada bukti-bukti secara ilmiah dalam hal penelitian yang mendasari mereka untuk mengungkapkan sebuah teori. teori asal mula jagad raya ada dua yaitu teori big bang dan keadaan tetap. kedua teori ini sama2 memiliki kelemahan dan kelebihan dan mungkin kedepannya tidak menuntut kemungkinan akan mucul teori baru yang lebih bisa menjelaskan teori pembetukan jagad raya. untuk sekarang yang dasar yang kuat pembentukan jagad raya adalah teori big bang (letusan besar) sebagai teori mutakhir tentang penciptaan alam semesta.

      Delete
  8. Asslam alaikum.
    Sy Dinawati Busura sy ingin bertanya mengenai teori nebula dikatakan bahwa tata surya berasal dari kabut panas yang trerpilin. Mengapa demikian? Dan yg menjadi dasar pembeda antara teori nebula atau teori kabut ap? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dikatakan berpilin karena pilinannya itu berupa gumpalan kabut, yang membentuk bentukan bulat seperti bola yang besar. makin kecil bola itu maka maka makin cepatlah pilinanya. pilinan ini adalah kata yng menunjukan benda yang dimaksud adalah gumpalan kabut. kedua teori ini memiliki kesamaan tata surya materialnnya dari kabut sedangkan yang menjadi pembeda adalah kabu denag kabut panas berpilin, lebih jelasnya baca halaman 82

      Delete
  9. Assalamualaikum Wr. Wb
    Sy Suci Surahmi dari kelompok 5 ingin mengajukan pertanyaan. Pertanyaan saya yaitu mengenai teori pasang surut. Jeans dan jeffreys melukiskan, bahwa setelah bintang itu berlalu massa matahari yang lepas itu membentuk bentukan cerutu yang menjorok ke arah bintang. Kemudian, akibat bintang yang makin menjauh, massa cerutu itu terputus putus membentuk gumpalan gas di sekitar matahari. Gumpalan - gumpalan itulah yang kemudian membeku menjadi planet - planet. Nah, dari teori tersebut apa yang mendasari sampai kedua ilmuwan inggris tersebut menamai atau mengatakan bahwa teori tersebut adalah teori pasang surut ?

    Terimakasih
    Wassalam

    ReplyDelete

Item Reviewed: Pandangan-Pandangan Asal Mula Jagad Raya dan Tata Surya Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe