Latest News
Monday, April 2, 2018
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

16 komentar:

  1. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    saya indri perwakilan dari kelompok 2
    yang jadi pertanyaan saya mengapa pemateri tidak menampilkan hukum titius-bode dan hukum Newton padahal dengan adanya hukum newton ini dapat membantu kepler dalam menemukan kebingungannya. untuk itu saya harapkan pemateri menjelaskan kedua hukum tersebut sehingga kelompok-kelompok lain bisa mengerti.

    untuk gambar yang ditampilkan bagus, tetapi mengapa tidak dicantumkan sumber gambarnya ??


    terima kasih

    dan jangan lupa pertanyaan dari kelompok 2
    pertanyaan tersebut bisa dilihat di komentar pengantar kosmografi.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabbarakatu
    Saya suci surahmi prwakilan dri kelompok 5. Pertanyaan sy yaitu bagaimana cara menggunakan hukum Titius - Bode ini?? Coba pemateri jlaskan kmbali dengan rinci mengenai isi bunyi dari hukum Titius - tersebut!

    Terimakasih !!
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hukum titius-bode adalah hukum yang memprediksi jarak antara planet planet ke matahari.Ingat hukum ini bersifat hanya prediksi dan sangat lemah,hitungan nya pun bersifat tidak akurat.Hukum ini diperkenalkan oleh Johan Daniel Titius,dan dipopulerkan oleh Johan Elert Bode.
      Cara menggunakan Hukum Titius _ Bode
      Hukum ini menggunakan deret ukur sebagai berikut : 0,3,6,12,24,48,96,192,384........dst Angka angka tersebut akan ditambahkan 4 dan hasilnya akan dibagi 10. 1. Merkurius = 0 2. Venus = 3 3. Bumi = 6 4. Mars = 12 5. Ceres (asteroid) = 24 6. Jupiter = 48 7. Saturnus = 96 8. Uranus = 192 9. Neptunus = 384 Mari kita ambil planet Jupiter dan dihitung dalam hukum Titius-Bode: Jarak bumi-matahari 150 000.000.Hitung jarak jupiter jika memakai hukum Titus bode Jawab : Jupiter = (48+4)/10 = 5,2 AU >>> 5,2 × 150.000.000 = 780.000.000 km Dan sekarang mari kita lihat di mbah google,dan kita lihat jarak antara jupiter-matahari.Ternyata jarak nya sama 5,2 AU,namun apabila dijadikan kedalam satuan km akan 778.500.000 km. Walaupun perhitungan menggunakan hukum Titius-bode tidak lah akurat,tapi kita akan mendapatkan hasil prediksi yang cukup akurat (mendekati) dengan jarak sesungguh nya. Hasil prediksi ini tidak akan berlaku dengan planet neptunus dan pluto,karena hasil prediksi dari hukum ini sudah tidak tepat (akurat).Oleh karena itu hukum ini hanya berlaku sampai planet uranus. Sekian dari saya,maaf bila banyak kekurangan

      Delete
    2. Bunyi Hukum Titius _ Bode
      ” hukum yang memprediksi jarak antara planet planet ke matahari.Ingat hukum ini bersifat hanya prediksi dan sangat lemah,hitungan nya pun bersifat tidak akurat.”

      Delete
  3. Nama sy Dinawati Busura sy dr kelompok 6. Sy ingin bertanya mengenai planet saturnus. Mengapa planet saturnus ini disebut sebagai planet yang memiliki keindahan apaka planet tersebut karena memiliki ligkaran cincin atau ada keistimewaan lain? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. NASA mendaulat Saturnus sebagai planet paling cantik di Tata Surya. Bukan tanpa alasan, tim Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut beranggapan bahwa 'kecantikan' Saturnus terpancar berkat cincin yang mengelilinginya. Mereka menyebut Saturnus sebagai 'perhiasan' Tata Surya karena memiliki cincin yang berwarna pinkbercampur abu-abu dan coklat, begitu indah layaknya lukisan dinding yang menghipnotis. Demikian dikutip Techno Buffalo pada Kamis (23/6/2016).
      Cincin saturnus diketahui terbuat dari triliunan partikel debu, bebatuan dan es yang mengorbit planet dengan kecepatan ratusan mil per jam. Ukuran partikel ini bervariasi, mulai dari sekecil onggokan pasir hingga sebesar gedung pencakar langit. Pihak NASA mengungkap, cincin Saturnus memiliki ketebalan dari 30-300 kaki yang dapat 'membungkus' planet hingga 175.000 mil jauhnya.

      Tidak hanya itu ada hal penting yang menjadikan penampilan saturnus menjadi sangat menarik yaitu bola saturnus sangat mipih, sehingga bila planet itu berada dalam posisi sedemikian hingga bidang datar ekuatornya lewat melalu bumi, penampangnya tampak nyata eliptik, itulah salah satu keunikan dari planet saturnus selain cicinnya yang indah twrsebut

      Delete
  4. Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatu.
    Nama saya Endang Satria Ningsih, sya prwakilan kelompok 3. Pertanyaan saya yaitu hukum kepler adalah penganut copernicus, dia berusaha mencari bukti2 atas kebenaran anggapan heliosentris..pertanyaan saya yaitu Apakah hukum kepler memng hanya 3 atau masih ada hukum2 kepler yglain? Berikan penjlasanya Pertanyaan kedua saya jelaskan bagaimana sejarah hukum kepler?
    Terimksih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hukum Kepler ditemukan oleh seorang matematikawan yang juga merupakan seorang astronom Jerman yang bernama Johannes Kepler(1571-1630). Penemuannya didasari oleh data yang diamati oleh Tycho Brahe(1546-1601), seorang astronom terkenal dari Denmark.
      Hukum Kepler.

      Hukum 1 kepler

      Hukum I Kepler menjelaskan tentang bagaimana bentuk lintasan orbit planet-planet. Bunyi dari hukum ini yaitu :
      “ lintasan setiap planet ketika mengelilingi matahari terbentuk elips, dimana matahari terletak pada salah satu fokusnya “

      Geometri Orbit Planet Elips

      Hukum II Kepler

      Hukum kedua Kepler menjelaskan tentang kecepatan orbit suatu planet. Bunyi dari hukum keduanya yaitu :
      “ setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama “


      LUASAN APHELION (ABC) DAN LUASAN PERIHELION (ADE)

      Hukum III Kepler

      Pada hukum ini Kepler menjelaskan tentang periode revolusi setiap planet yang melilingi matahari. Hukum Kepler III berbunyi :
      “ Kuadrat perioda suatu planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata – ratanya dari Matahari “

      Keterangan :
      T1= Periode planet pertama
      T2= Periode planet kedua
      r1 = jarak planet pertama dengan matahari
      r2 = jarak planet kedua dengan matahari

      kesimpulannya Hukum Kepler hanya ada tiga. Tiga dari hukum kepler sudah menjadi ketetapan dari penemu hukum kepler yang tidak dapat dirubah.

      Delete

    2. Sejarah Hukum Kepler

      Astronom Jerman, Johannes Kepler, betul-betul raksasa di bidangnya. Dilahirkan di Weil der Stadt, iabelajar teologi di University of Tubingen, belakangan ia beralih ke bidang matematika, dan menjadi guru pada tahun 1593. Sebagai bagian dari tugas-tugas universitasnya, Kepler membuat kalender dan almanak tahunan. Ia gunakan sistim planet yang berpusat pada matahari karena itu menjadikan kalkulasinya lebih mudah.
      Pada tahun 1596, Kepler menerbitkan The Cosmic Mystery. Dengan karyanya ini, Kepler menjadi ilmuwanterkenal pertama yang secara publik mendukung Copernicus. Johannes Kepler mengusulkan bahwa matahari mendorong planet-planet dalam orbit masing-masing dengan gaya yang berkurang menurut kuadrat jaraknya. Walaupun demikian, kalkulasi kalkulasi Kepler tidak berhasil meramalkan kejadian-kejadian di langit secara memuaskan. la butuhpengamatan-pengamatan yang lebih mutakhir terhadap planet-planet itu.
      Astronom besar Denmark, Tycho Brahe (1546-1601) mempunyai data planet yang sangat banyak, tetapi belum menyiapkan pengamatan-pengamatannya untuk diterbitkan. Pada tahun 1600, Kepler lari ke Praha untuk menghindari penganiayaan agama. Ia dengar bahwa Brahe telah meninggalkanDenmark dan mendirikan observatorium baru di luar Praha. Maka Kepler menjadi asisten Brahe; dialah yang mengedit data Brahe dan menyiapkannya untuk diterbitkan. Sebagai bagian dari tugasnya, Kepler berusaha menentukan orbit Mars. Brahe meninggal pada tahun berikutnya, tetapi Kepler terus menekuni masalah tersebut selama enam tahun. Sukses datang ketika Kepler mengatasi kekeliruannya-yang juga dibuat oleh kebanyakan astronom-bahwa planet-planet itu bergerak dalam kombinasi gerakan-gerakan melingkar.
      Kepler menganalisa pengukuran-pengukuran yang telah dikumpulkan Brahe. Analisanya terhadap data menghasilkan beberapa penemuan penting. Pada tahun 1609, Kepler merangkum penemuan-penemuannya dalam The New Astronomy. Bukunya memuat dua dari tiga hukum gerakan planetnya: (1) Planet itu mengikuti jalan, atau orbit, yang berbentuk elips. Matahari berada pada satu fokus elipsnya. (2) Sebuah garis yang menghubungkan sebuah planet dengan matahari itu menyapu luas area yang sama dalam interval-interval waktu yang sama. Dengan kata lain, planet-planet itu tidaklah bergerak dengan kecepatan seragam, melainkan bergerak paling cepat ketika berada paling dekat dengan matahari.

      Delete
  5. saya Zulkifli R Galemang bertanya :
    1. Kenapa planet bisa berotasi? Pasti kan ada pemicu awalnya yg bisa buat dia bergerak. Nah gaya pemicu awalnya itu muncul darimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sya iftiah akan menjawab prtanyaan.
      Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya. Lalu mengapa bumi berputar pada porosnya karena itu merupakan cara sebuah benda bertahan pada kedudukannya di ruang hampa. Selain itu dengan berotasi sebuah benda bisa meemperyahankan bentuknya

      Delete
  6. saya Zulkifli R Galemang Bertanya :
    1. Kenapa planet bisa berotasi? Pasti kan ada pemicu awalnya yg bisa buat dia bergerak. Nah gaya pemicu awalnya itu muncul darimana?

    ReplyDelete
  7. saya siswanti masulu perwakilan dari kelompok 3 akan memberikan pertanyaan kepada kelompok 4. jelaskan lebih datail lagi mengenai ke tiga hukum kepler?

    ReplyDelete
  8. Saya Edi Irawan, Apakah mungkin sebuah benda langit dari luar tata surya masuk ke dalam sistem tata surya dan mengorbit matahari?

    ReplyDelete
  9. Saya nur azizah klas A akan menjawab pertanyaan dari siswanti masulu
    Saya akan menjelaskan lebih rinci lgi tentang hukum kepler
    Hukum kepler 1 menjelaskan tentang bagaimana bagaimna bentuk lintasan orbit planet".bunyi dari hukum ini yaitu lintasan setiap planet ketika mengelilingi matahari berbentuk elips dimana matahari terletak disalah satu fokusnya
    Hukum kepler 2 menjelaskan tentang kecepatan orbit suatu planet.bunyi hukum kepler ini yaitu setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencangkup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama
    Hukum kepler 3 menjelaskan tentang periode revolusi setiap planet yang mengelilingi matahari.hukum ini berbunyi kuadrat periode suatu planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata rata dari matahari.

    ReplyDelete
  10. pada saat senja datang biasanya di sertai dengan warna merah pada sebagian langit dan orang biasanya mengatakan bahwa warna merah tersebut adalah Jupiter. nah menurut pemateri apakah paham tersebut memang benar atau hanya sekedar spekulasi saja. mohon pemateri beri kejelasan. terima kasih

    ReplyDelete

Item Reviewed: Tata Surya Rating: 5 Reviewed By: I.N. Manyoe